Proyek Tol dari Bambu Selesai, Ruas Semarang-Demak Mulai Diuji Coba Secara Umum

ujicoba tol Semarang-Demak.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Bisnis – Tol Semarang-Demak sudah mulai dibuka untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura. Meski masih uji coba, pengendara merasakan jalur alternatif via tol cukup efektif memangkas waktu tempuh.

Politisi Demokrat Heran dengan Narasi Oposisi yang Dideklarasikan Ganjar Pranowo

Tol Semarang-Demak seksi II Sayung - Kadilangu, Demak mulai dibuka pada Sabtu 12 November 2022. Pembukaan jalur tersebut dilaksanakan secara ujicoba dan terjadwal. Mulai pagi pukul 06.00-10.00 jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang melaui exit Tol Kadilangu. Kemudian di sore hari mulai pukul 15.00-18.00 jalur dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung. 

Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP) Robby Sumarna mengatakan, uji coba Tol Semarang-Demak seksi II sebagai jalur alternatif setelah diberi arahan oleh Menteri PUPR Basuk Hadimulyono. Beberapa hari sebelum dibuka ujicoba, Gubernur Jateng juga sempat mengeceknya.

Ganjar Deklarasi Tak Mau Gabung Pemerintah, Gerindra Bilang "Tidak Akan Menghalangi"

Baca juga: Kini Giliran Elon Musk Menyatakan Batal Datang ke G20 Bali, Ini Alasannya

"Ujicoba pembukaan Tol Semarang-Demak sebagai jalur alternatif akan berlangsung hingga 2 Desember 2022," jelasnya.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Sebelumnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut ruas tol sepanjang 16,31 kilometer itu menyisakan pengerjaan detail seperti rambu dan ornamen pada pintu keluar. 

"Ini harapan yang ditunggu-tunggu sebenarnya dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya. Tol Semarang - Demak diharapkan menjadi jalur untuk mengurai kemacetan, insyaallah akan bermanfaat," kata Ganjar.

Sementara itu pengendara yang mencoba ruas jalan tol Semarang-Demak mengatakan, tol sebagai jalur alternatif cukup menghemat waktu. Biasanya, ia lewat jalur pantura dan terjebak macet akibat perbaikan jembatan Wonokerto. 

"Kalau biasanya di pantura itu macetnya lebih dari satu jam. Tadi dari Kudus jam 06.00 sampai sini lewat tol sekitar jam tujuh. Kalau tidak pakai jalur ini mungkin sampai sini jam delapan pagi. Kalau dari Pati biasanya 3 jam, sekarang bisa hemat satu jam," kata Widodo, sopir travel sesampai di Semarang, Minggu 13 November 2022.

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

Seperti diketahui, Jalan Tol Semarang-Demak merupakan jalan tol pertama yang menggunakan bahan baku berupa Bambu untuk menjadi sistem matras guna memperkuat daya dukung tanah sepanjang konstruksi jalan tol tersebut.

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km yang merupakan porsi pemerintah dan saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara, Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 Km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak yang ditargetkan pada akhir tahun ini selesai konstruksinya secara keseluruhan dan dapat dioperasikan.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno / Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya