Ganjar Pranowo Deklarasi jadi Oposisi Sejalan Dengan Sikap Partai

Ganjar Pranowo Hadiri Acara Halal bi Halal TPN di Posko Pemenangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Ganjar Pranowo sudah mendeklarasikan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Meski, dia tetap menghormati pemerintahan hasil Pilpres 2024 saat ini. Sikap Ganjar itu, menjadi cerminan dari sikap partai ke depan.

Ingin Naik Kasta, Wakil Gibran Daftar Bakal Calon Wali Kota Solo

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menilai, langkah politik yang diambil oleh Ganjar Pranowo merupakan cerminan dari partai. Ganjar Pranowo akan berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di periode pemerintahan 2024-2029.

Meskipun, hingga saat ini, PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu belum menyatakan secara resmi sikap politik terhadap pemerintahan baru.

Luhut Tolak Jadi Menteri Prabowo, Tapi Siap Jadi Penasihat

"Ya tentu saja (sejalan dengan sikap partai), karena ini merupakan sikap kenegarawanan, sikap yang sangat baik bahwa pemilu pun tidak pernah melunturkan sikap dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo dan Hanura, dan Pak Ganjar dan Prof Mahfud dalam berdedikasi, mengabdi kepada bangsa dan negara," ujar Hasto di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, dikutip Selasa 7 Mei 2024.

Jelas dia, ruang pengabdian masyarakat untuk Indonesia memiliki dimensi yang sangat luas. Misalnya, kata dia, memperjuangkan hukum yang sedang tidak baik-baik saja.

Catatan KPK untuk Program Makan Siang Gratis di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ia pun menyampaikan bahwa Pemilu 2024 menjadi pelajaran berharga bagi demokrasi di Indonesia. Khususnya, kata Hasto, tentang bagaimana kedaulatan yang ada di tangan rakyat tidak boleh dirampas dengan cara apa pun.

Apalagi, lanjut Hasto, Indonesia saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan. Diantaranya yaitu masalah pangan, investasi, lapangan pekerjaan, hingga pertarungan geopolitik global dan dampak perubahan iklim.

“Semua membutuhkan uluran gotong royong dari seluruh komponen bangsa. Itulah energi yang akan diberikan,” ucap Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu mengklaim sikap tersebut juga yang mendorong Ganjar dan Mahfud untuk tetap berdedikasi kepada bangsa dan negara meski tidak bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran..

Diketahui, mantan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan tidak akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di periode 2024-2029. Ganjar mengaku akan mengawal pemerintahan dengan cara lain.

"Untuk mencintai republik ini, kita akan mengawal dengan cara lain, dan saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," kata Ganjar dalam acara halal bi halal TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Kendati demikian, Ganjar juga mengaku sangat menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran. Dia berjanji akan senantiasa melakukan kontrol terhadap pemerintahan.

"Politiknya ada, cara berpolitik yang benar tidak musti dengan cara keras dan semua sama-sama terhormat tidak perlu saling mencibir," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya