Industri Penerbangan RI Mulai Bangkit, Potensi Pasarnya Terbesar Se Asia Tenggara

Kerja sama INACA dan Boeing.
Sumber :
  • Dokumentasi INACA.

VIVA Bisnis – Sektor penerbangan di Indonesia perlahan pulih dari keterpurukan setelah dihantam pandemi COVID-19. Potensi bisnis industri tersebut ke depannya dinilai semakin besar.

IMA Waspadai Sinyal Pelemahan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Hal itu disampaikan Samir Belyamani, Director of International Sales, Boeing Commercial Airplanes, dalam seminar bertajuk 'Aviation Network Recovery & Expansion'.

“Sektor penerbangan Indonesia menyediakan peluang signifikan sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara. Boeing merasa terhormat bisa bekerja sama dengan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) untuk memungkinkan adanya dialog di seluruh industri dengan berfokus pada pemulihan perjalanan udara dan perencanaan jaringan (network planning)," ujar Samir dikutip dari keterangannya, Rabu, 7 Desember 2022.

BUMN Indonesia Re Gandeng Akademisi untuk Lahirkan Talenta Muda di Industri Asuransi

Samir menjelaskan, potensi besar tersebut bisa dilihat dari jumlah penumpang Indonesia. Yang, diperkirakan akan melampaui kebutuhan masa pra-pandemi dalam beberapa tahun ke depan.

Denon Prawiraatmadja, CEO, PT Whitesky Aviation.

Photo :
Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

"Seiring pasar domestik regional yang terus tumbuh, sangatlah penting bagi industri penerbangan Indonesia untuk terus bekerja sama menciptakan kemajuan yang lebih baik lagi menuju pemulihan,” kata Samir.

Diketahui, seminar ini adalah kerja sama INACA dan Boeing. Yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penerbangan secara efektif dan efisien agar dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menyampaikan bahwa untuk menciptakan pemulihan industri penerbangan, Indonesia membutuhkan konektivitas transportasi yang terintegrasi untuk mendukung kelancaran mobilitas dan distribusi logistik. Serta, mengurangi disparitas ekonomi
antar wilayah.

Pesawat Boeing

Photo :

“Untuk mencapai konektivitas dan akses lalu lintas udara yang prima, diperlukan penataan kembali Hub dan Sub Hub Domestik, termasuk Hub Internasional”, kata Denon yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Kadin Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya