Cabai Merah Cuma Dihargai Rp 10 Ribu per Kg, Petani Cirebon Buang Hasil Panen

Petani Cirebon protes harga cabai anjlok, hasil panen dibuang.
Sumber :
  • tvOne/Azizi Erfan.

VIVA Bisnis – Sejumlah petani cabai di Desa Bayalangu, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggelar aksi protes dampak dari anjloknya harga di kalangan petani, Jumat, 30 Desember 2022.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Biasanya, para petani dapat menjual cabai merah hasil panennya dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per kilogram. Namun, saat ini harga jual cabai merah di tangan petani hanya dihargai Rp 10.000 per kilogram.

Aksi protes ini diwarnai dengan membuang dan menghambur-hamburkan cabai merah hasil panen ke jalan desa yang tidak jauh dari lahan pertanian. Aksi tersebut merupakan ungkapan kekecewaan para petani, akibat harga jual cabai merah di kalangan petani anjlok.

Daftar Harga Pangan 8 Mei 2024: Daging hingga Minyak Goreng Naik

Petani Rugi Besar

Petani Cirebon protes harga cabai anjlok.

Photo :
  • tvOne/Azizi Erfan.
DPR Sindir Kenaikan UKT di Sejumlah PTN Menyesuaikan Harga Cabai dan Telur

Padahal, setiap menjelang pergantian tahun, biasanya harga cabai merah di kalangan petani naik. Namun menjelang tahun baru kali ini, harga cabai di kalangan petani anjlok. Hal tersebut dirasakan oleh Karmina, salah satu petani cabai di Desa Bayalangu. Ia mengatakan, saat ini para petani mengalami kerugian yang cukup besar.

"Rugi besar ini di petani, biayanya (modal) padahal besar, tapi harga jualnya murah." ungkapnya.

Biasanya, Karmina menegaskan, harga jual cabai di kalangan petani sekitar 20.000 hingga 40.000 perkilogram-nya. Namun saat ini hanya dihargai 10.000 perkilogram, padahal harga dipasaran cukup tinggi.

"Harganya jatuh, kalau normal biasanya 20.000-25.000 kadang 30.000-40.000, sekarang jatuh cuman 10.000. Kalau di pasar harganya tinggi." Katanya.

Ia pun menuturkan, biasanya menjelang pergantian tahun, harga cabai merah bisa melonjak tinggi. "Biasanya kalau tahun baru harganya naik, sekarang malah jatuh harganya." Tuturnya.

Pemerintah Diharapkan Bantu Stabilkan Harga di Petani

Karmina berharap pemerintah bisa turun tangan dan menstabilkan harga jual cabai di kalangan petani. "Saya berharap pemerintah bisa bantu, minta keringanan dari pemerintah." Harapnya.

Diketahui, menjelang tahun baru 2023 harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencapai Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 per kilogram.

Laporan: tvOne/Azizi Erfan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya