Nganggur di 2019 dan Kini Jadi Bos Tajir, Jhon LBF Bongkar Kuncinya: Saya Bukan Orang Malas

Jhon LBF.
Sumber :
  • Instagram @jhonlbf

VIVA Bisnis – Hendri Kurnia Hadi Sutikno atau dikenal sebagai Jhon LBF viral lantaran dirinya menawarkan Tiko pekerjaan dengan gaji per bulan Rp 10 juta. Tiko sendiri sebelumnya juga viral, setelah diberitakan tinggal di rumah mewah tanpa aliran listrik dan air bertahan merawat ibunya sendiri sejak masih berumur belasan tahun.

Viral Aksi Begal Payudara Siswi SMP di Bogor, Pelaku Diduga ODGJ

Jhon saat itu mengaku tersentuh dengan kisah Tiko dan menawarkan Tiko pekerjaan dengan gaji Rp 10 juta per bulan untuk membantu kehidupannya sekaligus menawarkan Tiko untuk merenovasi rumahnya secara gratis.

Hal yang membuat publik penasaran adalah Jhon pada 2019 masih pengangguran. Ia menceritakan, saat itu menjadi titik baliknya menjadi bos tajir seperti saat ini.

Tukang Parkir Liar di Bekasi Serobot Lahan Warga, Ditegur Malah Ngamuk

Saat berbincang bersama musisi Anang Hermansyah di channel YouTube Ngobrol Asix, Jhon pun menceritakan lika-liku perjalanan hidupnya. Dia juga membongkar filosofi hidup yang selalu dia bawa dan diajarkan oleh orang tuanya.

"Kuncinya adalah bahwa saya bukan orang malas. Jadi saya pasti yakin saya bisa makan lah. Apapun bisa saya kerjakan, asal bisa makan," kata Jhon, dikutip Selasa, 10 Januari 2023.

Viral Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan, Pengunggah Minta Maaf ke Pihak Kecamatan

Jhon LBF dan Tiko.

Photo :
  • Instagram @jhonlbf

Dia mengaku, semua tekad dan motivasi untuk menjadi orang gigih dan rajin dalam bekerja itu merupakan hasil brainstorming dari sang ayah. 

"Alhamdulillah ibu bapak saya saat ini masih sehat," ujarnya.

Jhon menjelaskan bahwa dia hidup tiga bersaudara, dengan kakak perempuan dan adik perempuan, sementara dirinya adalah anak kedua dan laki-laki satu-satunya. Sementara kedua saudara perempuannya sudah memutuskan untuk menjadi mualaf seperti dirinya, Jhon mengaku bahwa ayah dan ibunya masih beragama Kristen.

Dengan posisi sebagai anak laki-laki satu-satunya dan filosofi hidup sang ayah yang dijadikannya sebagai motivasi, maka Jhon pun memutuskan untuk merantau ke Jakarta mengadu nasib.

"Karena jadi anak laki-laki satu-satunya itu adalah jadi tulang punggung keluarga," ujar Jhon.

Ajaran Sang Ayah untuk Bertahan Hidup

Jhon LBF bos kaya raya

Photo :
  • Instagram @jhonlbf

Dia mengaku, ayahnya kerap mengajarkan bahwa anak laki-laki itu jika perutnya lapar, maka dia harus keluar dari rumah, kerja apapun, jangan menipu, jangan mencuri, jangan menyakiti hati orang lain, maka dia pasti akan bisa makan.

Nilai-nilai semacam itulah yang diakui Jhon selalu diajarkan oleh sang ayah kepadanya. Sementara, pekerjaan sang ayah sendiri diakui Jhon hanyalah sebagai seorang sales asuransi dan beberapa pekerjaan serabutan lainnya, yang rela dilakukan demi menghidupi keluarganya.

Kini Sudah Belikan Rumah untuk Orang Tuanya

Karenanya, demi membalas Budi terhadap kedua orang tuanya setelah dirinya sukses saat ini, maka Jhon pun tak segan-segan membelikan mereka rumah seharga Rp 2 miliar, sekaligus biaya sekitar Rp 500 juta untuk merenovasinya.

"Kemarin (orang tua) baru saya berikan rumah Rp 2 miliar dan saya renovasi Rp 500 juta sampai bagus lah kayak hotel-hotel begitu. Karena selama ini saya saksi hidup di mana orang tua saya ngontrak sana ngontrak sini, dan tidak pernah punya hak atas rumah sendiri," kata Jhon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya