Pendaftaran Kartu Prakerja Skema Normal Kuota 10 Ribu Peserta Dibuka Hari Ini, Simak Aturan Mainnya

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Pemerintah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja hari ini Jumat, 17 Februari 2023 pukul 19.00 WIB, dengan skema normal. Dalam hal ini Pemerintah membuka kuota sebanyak 10 ribu peserta.

Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program Kartu Prakerja dengan skema normal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 113 tahun 2022.

"Seleksi program Kartu Prakerja gelombang ke-48 dapat dilakukan pendaftaran oleh peserta per hari ini Jumat, 17 Februari 2023. Sekaligus memulai era baru bantuan Prakerja skema normal," ujar Airlangga dalam konferensi pers Jumat, 17 Februari 2023.

3 Tips Ini Bisa Buat Kamu Terhindar dari Penipuan Investasi

Menko Airlangga dengar cerita peserta program kartu prakerja di Papua.

Photo :
  • Kemenko Perekonomian/ekon.go.id

Airlangga mengatakan, skema normal ini dilakukan dengan fokus untuk meningkatkan kemampuan peserta, yang mana porsi biaya pelatihan akan lebih tinggi dibandingkan insentif.

Partai Gerindra Sumbar Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Hari Ini 

"(Pembukaan pendaftaran) pada hari ini jam 19.00 nanti malam, dibuka dengan kuota 10 ribu peserta. Ini hanya 10 ribu peserta, dan ini akan dinaikkan sesuai dengan lembaga pelatihan yang bergabung dalam ekosistem Kartu Prakerja," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah telah mengubah skema program Kartu Prakerja pada 2023 menjadi normal, dari yang sebelumnya menggunakan skema semi bansos. Atas hal itu, kini penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) hingga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) bisa mendaftar Kartu Prakerja.

"Karena tidak lagi bersifat semi bansos maka penerima bantuan seperti subsidi upah, BPUM, dan PKH boleh menjadi peserta Kartu Prakerja karena ini untuk training dan re-skilling bukan bansos," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, untuk besaran bantuan yang diterima peserta sebesar Rp 4,2 juta per orang atau naik dari sebelumnya yang sebesar Rp 3,55 juta per orang.

Menko Airlangga menemui para alumni Kartu Prakerja di Palu.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

"Bauran bantuan ataupun biayanya adalah per orang Rp 4,2 juta, namun biaya pelatihannya lebih tinggi, Skema semi bansos biaya pelatihan lebih rendah daripada bantuan," jelasnya.

Airlangga menuturkan, untuk 2023 biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif pasca-pelatihan atau biaya penggantian transportasi Rp 600 ribu yang dibayarkan satu kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Sedangkan pada 2022, dari total bantuan Rp 3,55 juta per peserta di antaranya untuk biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 2,4 juta sebanyak empat kali, dan insentif survei Rp 150 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya