Harga Bawang Merah Mahal, Produsen Bawang Goreng Kurangi Produksi

Produsen bawang goreng.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA Bisnis – Jelang Ramadhan harga bahan pokok di pasar tradisional merangkak naik, kenaikan tersebut terjadi pada komoditas sayuran, seperti bawang merah.

Bey Machmudin Minta Kabupaten Kota Akselerasi TPS3R

Sejumlah pasar tradisional di Kuningan, Jawa Barat, saat ini harga bawang merah mencapai Rp 40.000 perkilogram. Kenaikan harga bawang tersebut sudah terjadi selama hampir satu pekan.

Dampak dari naiknya harga bawang merah, tidak hanya dirasakan oleh kalangan rumah tangga, kenaikan harga bawang pun dirasakan oleh para produsen bawang goreng.

Rupiah Anjlok Bikin Harga Moge Harley-Davidson Meroket

Seperti salah satu produsen bawang goreng di Desa Cilaja, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Akibat dari naiknya harga bawang merah, membuat produsen bawang goreng harus mengurangi produksi.

Panen bawang merah.

Photo :
Nilai Aset Kripto Terus Berfluktuasi, Sejumlah Faktor Ini Disoroti

Menurut Fadlan, pengelola pabrik bawang goreng mengatakan, harga bawang jening birma dari Brebes, Jawa Tengah, naik hingga 40 persen dibandingkan hari biasanya.

"Kalau untuk bawang merah jenis birma yang dari Brebes, kenaikannya 30 sampai 40 persen," ungkapnya saat ditemui di pabrik bawang goreng, Rabu, 8 Maret 2023.

Akibat dari kenaikan harga tersebut, lanjut Fadlan, ia harus mengurangi produksi bawang goreng, biasanya ia dapat memproduksi bawang goreng setiap hari dalam satu bulan.

"Berdampak ke produksi, biasanya dalam satu bulan itu kita bisa produksi setiap hari, kalau sekarang paling 15-20 hari produksinya," lanjutnya.

Dalam satu bulan, kata Fadlan, biasanya bisa memproduksi hingga 60 ton bawang goreng, namun saat ini hanya dapat memproduksi 30 ton bawang goreng setiap bulannya.

"Setiap harinya kita bisa produksi 1,5 sampai 2 ton per harinya, kalau ditotalin, dihitung sehari 2 ton kalau 15 hari berarti kita produksi 30 ton, kalau sebelum naik biasanya bisa lebih," katanya.

Menurut Fadlan, harga bawang merah saat ini mencapai Rp 16.000 per kg, biasanya sebelum harga naik, ia dapat membeli bawang merah dengan harga 11.000 per kg.

"Biasanya kita beli bawang untuk pabrik itu di grade B atau C yang aga kecil dari yang biasa dibeli konsumen di pasar, harganya sekarang ini 16.000 per kilogram untuk jenis bawang dari Brebes, biasanya kita beli itu 11.000 sampai 12.000 per kg," ujarnya.

Bawang Goreng Renyah

Photo :
  • Coockpad/Susi Agung

Sementara, untuk mensiasati biaya produksi, Fadlan harus menaikkan harga jual bawang goreng yang ia produksi.

"Sekarang kita jual bawang goreng itu dari Rp 50.000 dengan kualitas paling rendah dan Rp 120.000 dengan kualitas paling tinggi atau paling bagus," tuturnya.

Biasanya, Fadlan menjual harga bawang goreng dikisaran Rp 40.000 untuk kualitas paling rendah, dan Rp 100.000 untuk kualitas paling tinggi.

"Sebelum naik biasanya kita jual mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 100.000 per kg," paparnya.

Laporan Azizi Erfan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya