Rampungkan Proyek Penataan Pura Besakih, PT PP Bangun Puluhan Kios Kembangkan UMKM Sekitar

Presiden Jokowi di Kawasan Suci Pura Agung Besakih
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – PT PP (Persero) Tbk merampungkan pembangunan penataan kawasan Pura Agung Besakih yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Proyek itu memiliki nilai kontak sebesar Rp 378 miliar.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Direktur Operasi Bidang Gedung PT PP, Anton Satyo Hendriatmo mengatakan, penataan di kawasan Pura Besakih juga mendukung pengembangan program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk masyarakat sekitar. Sebab terdapat pembangunan fasilitas kios sebanyak 56 kios di Gedung Manik Mas dan 334 kios di Kawasan Bencingah.

“Pekerjaan penataan kawasan suci Pura Besakih dengan progress yang lebih cepat dari yang direncanakan dengan kualitas terbaik dan tentunya zero accident. Kami berharap dapat terus mendukung program-program Pemerintah dalam meningkatkan tempat peribadatan dan mendukung peningkatan fasilitas pariwisata di Indonesia guna menarik minat para wisatawan asing," kata Anton dalam keterangan Senin, 13 Maret 2023.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Peresmian rampungnya penataan Pura Besakih.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

Adapun proyek penataan kawasan tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang ditandai secara simbolis dengan prosesi pemukulan kentongan dan penandatanganan prasasti.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

"Penataan Kawasan Pura Besakih ini merupakan salah satu upaya perlindungan kawasan cagar budaya yang merupakan pusat peribadatan umat Hindu di Bali sekaligus sebagai destinasi wisata kelas dunia," ujarnya.

Anton mengatakan, proyek yang dikerjakan itu memiliki masa pelaksanaan selama 20 bulan yang dimulai sejak Agustus 2021 dengan masa pemeliharaan selama 12 bulan. Proyek yang dimiliki oleh Kementerian PUPR ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 378 miliar.

Untuk lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh PT PP, antara lain: proses persiapan, perencanaan, pekerjaan konstruksi (pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal elektrik dan plumbing, serta pekerjaan landscape & site development), pemeliharaan, dan pelaksanaan kearifan lokal.

Menurutnya, pelaksanaan pekerjaan penataan kawasan suci Pura Besakih ini terbagi menjadi 2 area, yaitu pada Gedung Manik Mas dengan luas bangunan sebesar 60.028 m2. Dan Kawasan Bencingan dengan luas bangunan sebesar 8.032 m2 yang dilakukan dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung di area tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya