Lelang 3 Blok Migas, ESDM Pakai Skema Cost Recovery dan Janjikan Insentif

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) mengumumkan penawaran tiga blok atau wilayah kerja (WK) tahap I yakni WK Akia, WK Beluga, dan WK Bengara I.

Keberhasilan Pengelolaan Blok Migas Raksasa oleh Pertamina, Simbol Kebangkitan Energi Nasional

Dirjen Migas, Tutuka Ariadji menjelaskan, untuk WK Akia dan Beluga ditawarkan dengan mekanisme penawaran langsung, sementara WK Bengara I ditawarkan dengan mekanisme penawaran langsung tanpa studi bersama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Ketiga wilayah kerja tersebut adalah WK Akia yang berlokasi di Lepas Pantai Kalimantan Utara, WK Beluga yang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Barat, dan WK Bengara I  berlokasi di Dataran Kalimantan Utara," kata Tutuka dalam telekonferensi, Senin, 10 April 2023.

Kemenkeu Lelang 30 Motor Royal Enfield, Laku Rp 2,16 Miliar

Wilayah Kerja (WK) Migas Blok Pangkah. (ilustrasi produksi migas)

Photo :
  • PGN/Pertamina

Dia pun membeberkan sejumlah ketentuan pokok yang menarik dalam penawaran wilayah kerja migas tahap I tersebut. Di antaranya yakni perbaikan sharing split, First Tranche Petroleum (FTP) sebesar 10 persen shareable, dan signature Bonus bersifat open bid.

Neraca Perdagangan RI Surplus 4 Tahun Beruntun, Terpanjang Sepanjang Sejarah?

"Kontrak bagi hasil pada ketiga wilayah kerja ini menggunakan skema cost recovery, sesuai usulan Badan Usaha dan Pelaksana Studi Bersama. Di mana kontrak ini juga mencakup pengusahaan migas konvensional dan non-konvensional," ujar Tutuka.

Selain itu, ketentuan pokok menarik lainnya yakni harga DMO sebesar 100 persen ICP, tidak ada kewajiban untuk mengembalikan sebagian wilayah kerja selama tiga tahun pertama, tidak ada plafon biaya (cost ceiling) untuk cost recovery, serta kemudahan untuk akses paket data melalui mekanisme keanggotaan (membership).

Tutuka juga kembali menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan hulu migas, dengan terus melakukan perbaikan dan improvement dalam sistem pengelolaan minyak dan gas bumi. Sehingga, diharapkan hal itu dapat meningkatkan keyakinan dan ketertarikan investor dalam melakukan investasi.

"Selain beberapa ketentuan pokok tersebut, kontraktor juga akan memperoleh fasilitas perpajakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta apabila terdapat kendala keekonomian, kontraktor juga dapat mengajukan insentif yang diperlukan untuk pengembangan lapangan," ujarnya.

Diketahui, WK Akia yang berlokasi di Lepas Pantai Kalimantan Utara, merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 billion barel oil (BBO) minyak dan 9 triliun cubic feet (TCF) gas. Lokasi WK Akia ini berdekatan dengan beberapa WK yang sudah terbukti potensi hidrokarbonnya, seperti Tarakan, Bunyu, dan Nunukan.

WK Beluga yang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Barat merupakan WK Eksplorasi, dengan perkiraan sumber daya sebesar 360 juta barel oil (MMBO) minyak dan 50 billion cubic feet (BCF) gas. Lokasi WK Beluga ini dekat dengan South Natuna Sea Block B, Duyung, Natuna Sea Block A, Udang dan Kakap, di mana WK-WK migas tersebut sudah terbukti potensi hidrokarbonnya.

WK Bengara I berlokasi di Dataran Kalimantan Utara, merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 90 juta barel oil equivalent (MMBOE) minyak dan gas. Lokasinya juga berdekatan dengan WK yang potensi hidrokarbonnya sudah terbukti  seperti WK Simenggaris dengan produksi berupa gas bumi

Jadwal dari Lelang WK Migas Tahap I Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

A. Lelang Penawaran Langsung

Jadwal Akses Bid Document yakni mulai tanggal 10 April 2023 sampai 8 Mei 2023. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi pada 9 Mei 2023.

B. Lelang Penawaran Langsung tanpa Studi Bersama

Akses Bid Document mulai tanggal 10 April 2023 sampai 8 Mei 2023. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi pada 9 Mei 2023. 

Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online Lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya