Bank Indonesia Tegaskan Hal Ini Agar Tidak Jadi Korban Penipuan Transaksi QRIS

Konferensi Pers BI Soal Pemalsuan QRIS di Masjid
Sumber :
  • VIVA/ Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) membeberkan, modus pelaku penipuan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di sejumlah masjid. Hal itu disampaikan oleh Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Fitria Ismi Triswa.

Pria Ini Curi Puluhan Mobil Jeep, Kerugian Capai Rp16 Miliar

Fitria mengungkapkan pelaku dalam mendaftarkan QRIS, tidak didaftarkan sebagai tempat ibadah.

"Pelaku mendaftar sebagai merchant QRIS dengan nama restorasi masjid namun merchant tersebut tidak terdaftar sebagai tempat ibadah atau donasi sosial, melainkan sebagai merchant reguler. QRIS milik pelaku ini digunakan pelaku untuk menggantikan QRIS milik masjid untuk menerima donasi milik jemaah," ujar Fitria di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate

Barcode qris yang ditempel di dinding Masjid Raya Bintaro, Tangerang Selatan

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Adapun dalam hal ini Bank Indonesia telah melakukan blokir terhadap QRIS pelaku. Hal itu dilakukan agar QRIS tersebut tidak lagi bisa menerima pembayaran.

3 Tips Ini Bisa Buat Kamu Terhindar dari Penipuan Investasi

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi di dalam aplikasi pada saat memindai QRIS. Hal itu antara lain dengan memastikan nama pedagang atau merchant yang tercantum di dalam aplikasi memang benar.

"Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan transaksi apabila menemukan kejanggalan atau informasi yang tidak sesuai dengan profil pedagang/merchant yang menerima pembayaran atau informasi transaksi yang tidak sesuai dengan tujuan pembayaran," jelasnya.

Konferensi Pers BI Soal Pemalsuan QRIS di Masjid

Photo :
  • VIVA/ Anisa Aulia

Erwin juga mengingatkan, kepada Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) agar dapat meningkatkan keamanan transaksi QRIS.

"Untuk itu, BI mengharapkan PJP melaksanakan pedoman tersebut. Diharapkan dapat memastikan keamanan QRIS yang ditampilkan agar tidak dapat diganti atau dimodifikasi oleh pihak yang tidak berwenang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya