Audit Keamanan Seluruh Kilang dan Aset, Pertamina Pakai Auditor Independen Internasional

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

VIVA Bisnis – PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa telah bergerak dalam menyusun upaya antisipasi, guna mencegah terulangnya kejadian kebakaran kilang.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menegaskan, hal itu terutama dilakukan pihaknya, setelah terjadinya insiden kebakaran kilang di Balongan pada 2021 lalu.

Dia menjelaskan, upaya antisipasi tersebut utamanya dilakukan dengan mekanisme audit, yang dilaksanakan oleh internasional auditor independen. Tujuannya yakni untuk memetakan segala aspek keselamatan di dalam kilang dan di sejumlah sarana/prasarana milik Pertamina.

Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

"Setelah kejadian di Balongan, kita langsung bergerak melakukan audit oleh internasional auditor yang indenpenden untuk memetakan semua aspek safety di kilang-kilang kita," kata Nicke dalam acara silahturahmi pemimpin redaksi bersama Pertamina, di Grha Pertamina, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati saat rapat dengan pendapat (RDP) dengan komisi VII DPR RI.

Photo :
  • Tangkapan layar.
Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Dia menambahkan, selain melakukan audit terhadap kilang-kilang milik perusahaan, Pertamina juga melakukan audit terhadap terminal, kapal, dan semua aset perusahaan dengan menggunakan standar internasional.

"Beberapa hasil audit tersebut juga sudah mulai ada yang dikerjakan, masih berjalan, dan akan kita terus kerjakan," ujar Nicke.

Dia menegaskan, hal tersebut dilakukan agar tidak ada keraguan dan pertanyaan bagaimana Pertamina mengelola setiap insiden terjadi mungkin secara garis besar.

"Sebetulnya garis besar bahwa dari hasil pemetaan tersebut sangat detail kami melihat bahwa kita tidak boleh melakukan seperti memadamkan kebakaran tetapi melihatnya secara struktural secara basic foundation apa yang perlu kita perkuat lagi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya