Kemenhub Catat 6,1 Ribu Pemudik Gunakan KM Kelud di Pelabuhan Belawan Medan

Mudik gratis Kapal Laut 2023.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA Bisnis – Sebanyak 6.120 penumpang tercatat naik dan turun di KM Kelud pada, 30 April 2023 atau H+8 Lebaran 2023. Angka penumpang itu tercatat di Pelabuhan Belawan, Medan Sumatera Utara.

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, Lollan Panjaitan mengatakan, pada arus balik di Pelabuhan Belawan berjalan lancar dan terkendali. Sebab dalam peninjauan tersebut Lollan juga meninjau langsung kedatangan dan keberangkatan KM.Kelud dengan rute Belawan-Batam.

"Arus balik di Pelabuhan Belawan Berjalan baik dan lancar, tadi saya langsung meninjau KM Kelud dengan rute Belawan-Batam masih banyak penumpang yang akan melakukan kegiatan untuk mudik," kata Lollan dalam keterangan Senin, 1 Mei 2023.

Tiga Kapal di Muara Baru Terbakar, 3 Orang Tewas

Sejumlah pemudik mengantre menaiki KM Kelud tujuan Tanjung Priok di Pelabuhan Beton Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (21/6/2016).

Photo :
  • ANTARA/M N Kanwa

Lollan menjelaskan KM Kelud dari Batam ke Belawan jumlah penumpang sebanyak 2.384 penumpang. Sedangkan rute Belawan-Batam sebanyak 3.736 penumpang dan masih berada dalam batas kapasitas kapal.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

"Jadi total pada tanggal 30 April 2023 ini penumpang yang naik dan turun KM. Kelud sebanyak 6.120 penumpang," jelasnya.

Lollan mengapresiasi seluruh stakeholder yang bertugas di Pelabuhan Belawan dikarenakan koordinasi yang baik antar instansi dan stakeholder, masyarakat dapat melakukan kegiatan mudik nyaman dan lancar.

penumpang KM Kelud

Photo :

"Kelancaran masyarakat dalam mudik tahun 2023 ini juga berkat koordinasi yang baik, apresiasi saya berikan kepada instansi TNI/Polri,  Pemerintah Daerah,  PT. Pelni, Pelindo,  dan stakeholder terkait lainnya," ujar Lollan.

Terakhir Lollan juga mengapresiasi masyarakat yang telah mematuhi peraturan yang ada serta mematuhi instruksi para petugas di lapangan demi kelancaran dan kenyamanan.

"Saya mengapresiasi Masyarakat dalam hal ini para penumpang kapal yang telah mematuhi peraturan dan instruksi petugas sehingga hari ini saya melihat para penumpang disiplin, tertib dan mudah diatur. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk membeli tiket secara online agar mendapatkan kepastian waktu berangkat sehingga bisa datang ke pelabuhan mendekati waktu keberangkatan kapal," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya