Kemenkeu Waspadai Ancaman El Nino Terhadap Ketersediaan Pangan

El Nino muncul lagi tahun ini. (ilustrasi)
Sumber :
  • NASA

VIVA Bisnis – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mewaspadai adanya risiko ancaman El Nino atau kekeringan yang berpotensi melanda Indonesia. El Nino disebut akan memengaruhi ketersediaan pangan.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan fokus untuk menjaga ketersediaan pangan di tengah ancaman El Nino.

"Ke depan, Pemerintah terus berfokus untuk menjaga ketersediaan pangan, terutama adanya risiko ancaman El Nino yang berpengaruh pada produktivitas pangan," kata Febrio dalam keterangannya, Rabu, 3 Mei 2023.

Daftar Harga Pangan 8 Mei 2024: Daging hingga Minyak Goreng Naik

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Febrio mengatakan, selama Ramadan dan Idul Fitri 2023 ini, laju inflasi masih dapat dikendalikan oleh Pemerintah. Inflasi tercatat sebesar 4,33 persen year on year (yoy) pada April 2023 atau lebih rendah dari angka Maret 2023 yang mencapai 4,97 persen yoy.

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

"Angka ini juga lebih rendah jika dibandingkan inflasi HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) Ramadan dan Idul Fitri 2022 lalu. Terkendalinya inflasi didukung oleh terjaganya pergerakan harga bahan pangan serta menurunnya inflasi inti dan administered price," jelasnya.

Untuk inflasi harga pangan bergejolak atau volatile food turun tajam dari angka Maret 2023 yang mencapai 5,83 persen yoy menjadi 3,74 persen yoy pada April 2023.

Febrio menuturkan, terkendalinya inflasi pangan tersebut juga didukung melimpahnya stok seiring panen raya padi dan komoditas hortikultura sepanjang Maret dan April.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya