Rupiah Dibuka Menguat, Pertumbuhan Ekonomi Jadi Sorotan

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi, 5 Mei 2023. Terpantau pukul 09.20 WIB rupiah menguat sebesar 12 poin atau 0,02 persen ke posisi Rp 14.673 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 14.685 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 14.632 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat hari ini. Dia menilai, perekonomian RI awal tahun 2023 berpotensi untuk tumbuh di kisaran 5,0 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

"Bank Indonesia (BI) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2023 akan minimal 5,0 persen secara tahunan, pertumbuhan ekonomi akan didorong oleh perbaikan konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekspor. Namun, pertumbuhan ekspor berpotensi melambat, meski tumbuh relatif kuat," kata Ibrahim dalam risetnya Jumat, 5 Mei 2023.

Konsumen Makin Pede Tatap Ekonomi Indonesia, BI Ungkap Indikatornya

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Rupiah Dibuka Melemah, Data Inflasi AS Jadi Sorotan

Kendati demikian, Ibrahim mengatakan para ekonom justru memprediksi ekonomi RI kuartal I-2023 tidak akan mencapai 5 persen. Dalam hal ini ekonomi RI hanya akan ada di kisaran 4,9 persen.
Dibongkar Tengku Dewi, Andrew Andika Ternyata Selingkuh Sejak Pertama Menikah: Dia Selalu Nyari


"Penyebabnya adalah kinerja konsumsi rumah tangga yang tak setinggi harapan terutama yang memiliki mata pencaharian yang berhubungan dengan komoditas. Selain itu, normalisasi harga komoditas mendorong pelemahan kinerja perdagangan Indonesia," jelasnya.

Ibrahim memperkirakan, mata uang rupiah terhadap dolar AS hari ini kemungkinan akan dibuka berfluktuatif. Namun, ditutup menguat di rentang Rp 14.550-Rp 14.730.
Bea Cukai melepas ekspor produk-produk tenggiri wahoo dan tuna

Bersama Export Center Surabaya, Bea Cukai Lepas Ekspor Produk Ikan Tenggiri dan Ikan Tuna

Bea Cukai Gresik bersama Export Center Surabaya melepas ekspor produk-produk tenggiri wahoo dan tuna yang diproduksi oleh PT Danendra Sembagi Arutala, pada Rabu (08/05).

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024