Dukung KTT ASEAN 2023, Angkasa Pura I Siapkan 36 Parking Stand di Empat Bandara

Sebuah pesawat jet Pribadi tengah parkir di bandara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA Bisnis  – PT Angkasa Pura I (AP I) menyiapkan 36 parking stand di 4 bandara kelolaannya, dalam upaya mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023 esok.

Biar Nyaman dan Hemat, 7 Trik Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, untuk kebutuhan parking stand pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, pihaknya telah menyiapkan 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Maha Liarosh (Bali)
Bea Cukai Tanggapi Viral Penumpang Pilih Robek Tas Hermes Ketimbang Bayar Pajak Rp 26 Juta

Sementara untuk contingency plan, Faik mengaku pihaknya telah menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan.

"Yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 parking stand, Bandara El Tari Kupang dengan 4 parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 8 parking stand," kata Faik dalam keterangannya, Senin, 8 Mei 2023.

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka

"Total, Angkasa Pura I menyiapkan 36 parking stand di empat bandara untuk melayani kebutuhan penempatan pesawat delegasi KTT ASEAN 2023," ujarnya.

Untuk bandara pendukung, AP I menyiapkan 6 parking stand di Bandara Internasional Lombok dengan konfigurasi 6 pesawat narrow body. Kemudian ada 4 parking stand di Bandara El Tari Kupang dengan konfigurasi 2 pesawat narrow body dan 2 pesawat small body, dan 8 parking stand di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan konfigurasi 8 pesawat narrow body.

Untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, Faik memastikan AP I juga telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek ruang VVIP Bandara Ngurah Rai.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR

Sedangkan untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan charter dan jet pribadi akan dilayani melalui General Aviation Terminal (GAT).

"Kami juga secara khusus mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo, untuk dukungan operasional dan untuk membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT ASEAN 2023," kata Faik.

"Kami juga telah menayangkan konten publikasi di 192 titik media publikasi di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I, untuk lebih meningkatkan awareness masyarakat umum dan pengguna jasa bandara mengenai penyelenggaraan KTT ASEAN," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya