Rupiah Bakal Dihantam Penguatan Dolar Gegara AS Terancam Gagal Bayar Utang, BI Siap-siap

Seorang pedagang valuta asing sedang menghitung uang dolar AS.-AFP
Sumber :
  • dw

VIVA Bisnis – Amerika Serikat (AS) terancam mengalami gagal bayar utang pada 1 Juni 2023 mendatang. Akibatnya, nilai mata uang dolar AS menjadi kuat dibandingkan mata uang negara lainnya.

Tagih Kepastian Utang Rafaksi Migor, Aprindo: Jangan Jadi Tanggungan Pemerintah Berikutnya

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, saat ini Pemerintah AS tengah melakukan negosiasi akibat adanya potensi gagal bayar. Hal itu juga memicu yield treasury meningkat dan dolar AS semakin menguat.

"Seluruh dunia mengalami dampak negosiasi debt ceiling yaitu dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global. Nilai tukar dolar yang menguat terhadap seluruh mata uang dunia, dan yield treasury yang mengalami peningkatan," kata Perry dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 25 Mei 2023.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Gubernur BI Perry Warjiyo.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Perry menegaskan, Bank Indonesia dalam hal ini akan memfokuskan kebijakannya untuk memperkuat nilai tukar rupiah.

Utang Pemerintah Maret 2024 Turun Jadi Rp 8.262 Triliun, Begini Rinciannya

"Reaksi kita bagaimana? Kami fokus kebijakan saat ini BI perkuat stabilitas nilai tukar rupiah," jelasnya.

Perry melanjutkan, negosiasi atau perdebatan mengenai batasan debt ceiling ini akan menentukan seberapa besar Pemerintah AS boleh meningkatkan jumlah utangnya.

"Kami melihat assessment dari dulu, kalau terjadi negosiasi ujung-ujungnya ada kesepakatan yang kami perkirakan awal Juni atau sekitar pertengahan Juni. Tapi dalam negosiasi ini persepsi dan pendapat dari pasar menentukan reaksinya," ujarnya.

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menegaskan, pihaknya akan terus memantau perkembangan di Amerika Serikat yang terancam mengalami gagal bayar utang. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi Pemerintah.

"Kita perhatiin dengan seksama seperti apa perkembangan di AS nya, kan kalau baca berita mereka coba cari solusi. Pastinya nanti akan kita lihat bagaimana pergerakan di tingkat dunianya, moga-moga enggak ada apa-apa," kata Suahasil kepada awak media di Gedung Mahkamah Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya