Sokong Ketahanan Energi, Pertamina 'Undocking' Kapal FSO Abherka

Pertamina International Shipping.
Sumber :
  • Dokumentasi PIS.

Jakarta – Pertamina melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melakukan proses pelepasan (undocking) Kapal Floating Storage and Offloading (FSO) Pertamina Abherka ke laut, pada Rabu, 21 Juni 2023.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Corporate Secretary PIS, Muh. Aryomekka Firdaus mengatakan, proses docking dan upgrading kapal tersebut telah selesai di Paxocean, dan hari ini FSO Abherka yang merupakan FSO pertama Pertamina telah siap kembali ke lautan.

"Demi mendukung ketahanan energi nasional," kata Aryomekka dalam keterangannya, Rabu, 21 Juni 2023.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Kapal Pertamina International Shipping.

Photo :
  • Dok. Pertamina

FSO Pertamina Abherka milik PIS resmi diperpanjang oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), sejak 31 Desember 2022 hinga tahun 2031 mendatang. Untuk mendukung dan memastikan segala sarana dan fasilitas berfungsi optimal, FSO Pertamina Abherka pun mempercantik diri dengan docking dan upgrading di galangan Paxocean, yang berada di Batam sejak Februari 2023.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Aryomekka menjelaskan, proses upgrading dan docking FSO Pertamina Abherka ini merupakan wujud komitmen PIS, dalam pengembangan bisnis offshore di Tanah Air. Hal itu sekaligus sebagai bentuk sinergi dengan subholding Pertamina, yakni PHE WMO.

"FSO Abherka memiliki peran signifikan dalam distribusi energi di tanah air, proses ini merupakan langkah PIS memastikan keandalannya untuk bisa beroperasi optimal hingga belasan tahun mendatang," ujar Aryomekka.

Dia juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berkolaborasi dalam proses docking dan upgrading FSO Pertamina Abherka. Sehingga, prosesnya bisa diselesaikan tepat waktu, dan beroperasi kembali sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

“Tentunya dalam operasional FSO Pertamina Abherka, PIS akan selalu mengedepankan dan menerapkan HSSE dan tata kelola keselamatan," ujarnya.

Sebagai informasi, FSO Pertamina Abherka sendiri berkapasitas hingga 600 ribu barel dan dikonversi serta diresmikan pertama kali menjadi FSO pada tahun 2012. Tercatat, Abherka sendiri telah melewati 10 tahun masa kerja, dalam melayani kebutuhan PHE WMO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya