PaDi UMKM, Pelaku Usaha Binaan PTPN Grup Catat Tansaksi Terbanyak

Ilustrasi produk UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jakarta - PTPN Group, melalui mitra binaannya, dalam gelaran Pasar Digital (PaDi) UMKM berhasil memperoleh nilai transaksi mencapai Rp 1.721.669.281. Atas hal itu, PTPN menjadi BUMN dengan perolehan transaksi tertinggi dalam gelaran PaDi UMKM Hybrid Expo 2023. 

80 Persen Anggota BEI Sudah Pakai Fitur Market Order, Intip Keunggulannya

Direktur Umum Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Doni P Gandamihardja mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian BUMN, total nilai transaksi selama gelaran tersebut mencapai Rp 1.721.669.281.

"Adapun, transaksi pembeli ritel (B2C) yaitu Rp 452.794.178 dengan total purchase order sebanyak 2.859. Sedangkan total transaksi pembeli bisnis (B2B) mencapai angka sebesar Rp 1.268.934.303, dan PTPN Group berhasil menempati posisi terbanyak, dengan nilai total transaksi sebesar Rp 399.136.754," kata Doni dalam keterangannya Jumat, 23 Juni 2023.

Rupiah Dibuka Melemah, Data Inflasi AS Jadi Sorotan

Pekerja memetik pucuk daun teh di area perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Doni menambahkan bahwa pihaknya terus mendorong pertumbuhan dan  perkembangan UMKM, terutama mitra binaan perseroan.

Stop Misterius, Bangun Personal Brand-mu Sekarang Juga!

"Keikutsertaan mitra binaan PTPN Group dalam PaDi UMKM Expo 2023 tidak hanya sebagai ajang memperkenalkan produk unggulan, tetapi juga sebagai upaya memperluas akses pasar dan mendorong UMKM untuk naik ke tingkat yang lebih baik," ucapnya.

PaDi UMKM Expo 2023 diikuti banyak pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan BUMN, termasuk mitra binaan PTPN IV, salah satu anak usaha Holding Perkebunan Nusantara. Dalam pameran itu, mitra binaan PTPN Group menampilkan berbagai produk kerajinan tangan dan kuliner.

Sejumlah produk yang dipasarkan, di antaranya adalah Kukis Hias B'Browns, SAF Handycraft, Bobnecklace, Keripik Pisang Kepok Keling Archila, Peyek Kacang Tanah Rizky Snack, Tebing Batik Collection, dan LH Collection Eco Print.

Produk-produk dari mitra binaan PTPN IV, berhasil menarik perhatian dan antusiasme pengunjung pameran sejak hari pertama. Bahkan, sebanyak 50 persen stok produk habis terjual pada hari pertama pameran.

Sementara itu, Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV Joni Raja Siregar menjelaskan, bahwa setiap produk UMKM binaan perusahaan yang dipamerkan dalam PaDi UMKM Expo 2023 telah memenuhi standar dan kurasi yang sangat ketat.

Pemetik teh di kawasan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI di Solok, Sumbar

Photo :
  • Antara/ Iggoy el Fitra

Selain itu, lanjut Joni, setiap produk mitra binaan juga mengedepankan aspek  kelestarian lingkungan dan memiliki ciri khas serta karakter tersendiri.

"Misalnya, produk Batik Tulis Motif Kombinasi Sumatera Utara. Hasil kerajinan ini mengusung corak khas Melayu, Karo, dan Tebing Tinggi," ujarnya

Dalam PaDi UMKM Hybrid Expo 2023, kategori catering & snack memiliki jumlah  pesanan tertinggi, dengan sekitar 1.360 pesanan. Sementara itu, kategori barang  elektronik, komputer dan periferal mencatat nilai total transaksi tertinggi, dengan nilai Rp 529.517.986.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya