Strategi FishLog Pastikan Bisnis Berkelanjutan di Industri Perikanan Nasional

FishLog.
Sumber :
  • Dokumentasi Fishlog.

Jakarta - Perusahaan penyedia teknologi perikanan, FishLog, berkomitmen mengimplementasikan 'sustainable fisheries traceability' atau ketertelusuran perikanan berkelanjutan, baik di Indonesia maupun di pasar global.

Pertamina Siap Jadi 'Motor' Pengembangan Industri Petrokimia RI

Co-Founder FishLog, Reza Fahlepi mengatakan, FishLog pun menyoroti kemampuan Program Sistem Telusur Logistik Ikan Nasional (Stelina), dan kontribusinya terhadap seafood traceability di Indonesia. Terutama perihal bagaimana FishLog bersama pemangku kepentingan bisa mendukung Pemerintah, untuk melakukan hilirisasi di industri perikanan.

"FishLog melihat bahwa konsep traceability akan menjadi praktik standar dalam industri perikanan, demi menjaga lingkungan, memastikan keamanan pangan, dan mempromosikan perdagangan ikan yang adil," kata Reza dalam keterangannya, Selasa, 27 Juni 2023.

Jadi Sorotan Dunia, Intip Fakta-fakta Rekam Jejak 'Udara' Boeing

Industri perikanan Indonesia harus disertifikasi.

Photo :
  • Antara/Zabur Karuru

Dengan mendukung rencana pemerintah pada program Stelina, FishLog berfokus pada keberlanjutan dan keterlibatan masyarakat serta mendorong perubahan positif. "Terutama dalam menetapkan tolak ukur baru di industri perikanan," ujarnya.

Kembangkan Industri Petrokimia RI, Menperin Akui Perlu Insentif yang Lebih Menarik

Reza menjelaskan, FishLog pun berkomitmen untuk memanfaatkan platformnya dalam mendukung tujuan dari program Stelina di Indonesia. Dengan mengaktifkan konektivitas nasional dalam jaringan rantai dingin perikanan, FishLog memastikan bahwa setiap pemangku kepentingan mulai dari nelayan, pengolah, hingga distributor, dapat berpartisipasi aktif dalam upaya traceability.

Pendekatan komprehensif ini diyakini Reza tidak hanya membangun akuntabilitas, tetapi juga memupuk rasa tanggung jawab bersama menuju industri perikanan yang berkelanjutan. "Melalui misi ini, FishLog berkomitmen untuk menjadi perusahaan global dim ana kami akan mulai beroperasi di beberapa negara," kata Reza.

Dia menambahkan, ekspansi bisnis yang akan dilakukan FishLog ini tidak hanya akan berfokus pada pertumbuhan bisnis FishLog, tapi juga akan memprioritaskan sustainability dan traceability dalam industri perikanan.

"Kami juga akan mengimplementasi teknologi blockchain untuk bisa menelusuri asal ikan sehingga kualitas ikan tetap terjaga," ujarnya.

Diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah berupaya memperkuat sistem ketertelusuran industri perikanan dan pencegahan pencurian ikan di Tanah Air, dengan memperkenalkan Sistem Ketertelusuran dan Logistik Ikan Nasional (Stelina). Karena, industri perikanan membutuhkan dukungan sistem yang menjamin keterkaitan hulu-hilir, guna mencegah praktik IUU Fishing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya