Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek Dimulai Hari Ini, Simak Rutenya

LRT Jabodebek
Sumber :
  • KAI

JakartaLRT Jabodebek mulai diuji coba terbatas mulai hari ini, Rabu, 12 Juli 2023 dengan tarif hanya Rp 1. Rencananya, uji coba ini akan dilaksanakan hingga tanggal 15 Agustus 2023 mendatang.

Risyapudin Nursin Dilantik Jadi Dirjen Perhubungan Darat, Menhub Budi Pesan Ini

"Kesepakatan rapat memutuskan mulai tanggal 12 Juli sampai dengan 15 Agustus 2023, akan dilakukan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, sebagaimana dikutip, Rabu,12 Juli 2023.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Finalisasi Usul Selat Lombok Jadi Particularly Sensitive Sea Area, RI Minta Dukungan Anggota IMO

Diketahui, sebelumnya Risal juga sempat menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI.

Hal itu dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens, dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

LRT Palembang Kembali Beroperasi Usai Listrik di Sumbagsel Padam

Selain menguji coba pengoperasian LRT, uji coba terbatas ini juga sekaligus akan menguji coba sistem pembayaran dan integrasi antarmoda, pada masing-masing stasiun yang dilewati.

"Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti bus TransJakarta, JakLingko, angkutan kota, KRL, kereta cepat, dan lain sebagainya," ujarnya.

Sebagai informasi, terdapat tiga rute yang bakal dilayani LRT Jabodebek saat masa uji coba terbatas pada 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 ini, antara lain yakni Dukuh Atas - Jati Mulya (PP), Dukuh Atas - Harjamukti (PP), Jati Mulya - Dukuh Atas (PP), Harjamukti - Dukuh Atas (PP).

Sementara, kuota yang disediakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti uji coba terbatas LRT Jabodebek ini, hanya disediakan sebanyak 600 orang per harinya.

Terlebih, proses pendaftarannya pun telah ditutup, karena jumlah masyarakat yang mendaftar telah melebihi batas kuota harian yang disediakan hingga tanggal 15 Agustus 2023 mendatang. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya