Uji Coba LRT Jabodebek Dibagi 2 Tahap, Menhub: Masyarakat Umum Mulai 27 Juli

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi naik LRT Jabodebek.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Jakarta – Uji coba LRT Jabodebek yang digelar Kementerian Perhubungan mulai hari ini, Selasa, 12 Juli 2023 ternyata masih sepi penumpang. Pantauan VIVA, saat mengikuti uji coba LRT Jabodebek tersebut, kegiatan hanya diikuti oleh sejumlah pihak Kementerian/Lembaga (K/L), jurnalis/media, dan komunitas.

25 PSN Sektor Transportasi Sudah Rampung, Empat Proyek Dikebut Tahun Ini 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pada hari pertama uji coba LRT Jabodebek ini cakupannya memang masih bersifat terbatas, dan baru diperuntukkan kepada pihak-pihak undangan saja.

"Makanya kita sebut uji coba terbatas, karena kami meneruskan uji coba secara bertahap," kata Budi Karya di kawasan Harjamukti, Depok, Rabu, 12 Juli 2023.

Saksi Ceritakan Detik-detik Pekerja LRT Jatuh dari Atap Stasiun Rasuna Said

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Ujicoba Terbatas Naik LRT Jabodebek

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menjelaskan, hal ini merupakan bentuk dari implementasi uji coba LRT Jabodebek, yang digelar dalam 2 tahap. Di mana, tahap pertama yakni dari tanggal 12-26 Juli 2023, adalah untuk para undangan dari sejumlah stakeholder terkait lainnya.

Melayat ke Rumah Duka Putu Satria, Menhub Budi Karya Janji Percepat Pembenahan STIP

Kemudian, dalam uji coba tahap kedua yang mulai digelar pada 27 Juli sampai 15 Agustus 2023, adalah uji coba bagi masyarakat umum yang sebelumnya sudah melakukan registrasi pada link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

"Sehingga diharapkan tanggal 27 Juli (saat uji coba komersil tahap II), operasional LRT Jabodebek ini diharapkan sudah bisa lebih mapan," ujarnya.

Budi mengatakan, kehadiran LRT Jabodebek ini akan menambah angkutan moda transportasi yang saling terintegrasi yang konsep serta inisiasi pembangunannya sudah dimulai sejak Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Karenanya, lanjut Menhub, dalam uji coba ini faktor keamanan akan menjadi hal terpenting yang diutamakan dalam kegiatan operasional LRT Jabodebek tersebut. "Sehingga, proses uji cobanya pun tidak bisa langsung dilakukan secara terbuka bagi semua pihak," ujarnya.

Diketahui, saat ini LRT Jabodebek memiliki tiga lintas pelayanan sepanjang 44 km. Dimana, ketiga lintasan itu terbagi untuk lintasan Cawang-Harjamukti sepanjang 14,89 km, Cawang-Dukuh Atas 11,05 km, dan Cawang-Jatimulya sepanjang 18,49 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya