Menhub Dijadwalkan Hadir dalam Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek Hari Ini

Suasana di stasiun jelang uji coba LRT Jabodebek
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - LRT Jabodebek akan mulai diuji coba terbatas mulai hari ini, Rabu, 12 Juli 2023, dengan tarif hanya Rp 1. Rencananya, uji coba ini akan dilaksanakan hingga tanggal 15 Agustus 2023 mendatang.

Intip Kekuatan Tanzania, Lawan Uji Coba Timnas Indonesia pada 2 Juni

"Kesepakatan rapat memutuskan mulai tanggal 12 Juli sampai dengan 15 Agustus 2023, akan dilakukan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu,12 Juli 2023.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal.

Photo :
  • M Yudha P / VIVA.co.id
25 PSN Sektor Transportasi Sudah Rampung, Empat Proyek Dikebut Tahun Ini 

Dalam uji coba terbatas LRT Jabodebek di hari pertama ini, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dijadwalkan untuk turut serta hadir dalam gelaran uji coba yang dimulai dari Stasiun Harjamukti (Cibubur) menuju ke Stasiun Dukuh Atas (Jakarta).

Diketahui, sebelumnya Risal juga sempat menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Alasan Tidak Ada Pintu Sopir di Bus

Hal itu dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens, dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Selain menguji coba pengoperasian LRT, uji coba terbatas ini juga sekaligus akan menguji coba sistem pembayaran dan integrasi antarmoda, pada masing-masing stasiun yang dilewati.

"Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti bus TransJakarta, JakLingko, angkutan kota, KRL, kereta cepat, dan lain sebagainya," ujarnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Bandara Trunojoyo, Madura.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Sebagai informasi, terdapat tiga rute yang bakal dilayani LRT Jabodebek saat masa uji coba terbatas pada 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 ini, antara lain yakni Dukuh Atas - Jati Mulya (PP), Dukuh Atas - Harjamukti (PP), Jati Mulya - Dukuh Atas (PP), Harjamukti - Dukuh Atas (PP).

Sementara, kuota yang disediakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti uji coba terbatas LRT Jabodebek ini, hanya disediakan sebanyak 600 orang per harinya.

Terlebih, proses pendaftarannya pun telah ditutup, karena jumlah masyarakat yang mendaftar telah melebihi batas kuota harian yang disediakan hingga tanggal 15 Agustus 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya