Tak Banyak yang Tahu, Ini Alasan Tidak Ada Pintu Sopir di Bus

Ilustrasi traveling dengan bus.
Sumber :

Jakarta – Banyak masyarakat Indonesia yang mungkin belum mengetahui bahwa ada regulasi yang melarang bus memiliki pintu pada bagian sopir.

Terancam Bodong, Ini Cara Mengurus Kendaraan yang Lama Tidak Bayar Pajak

Saat ini, bus perkotaan dan bus antar kota antar provinsi (AKAP) sudah tidak lagi memiliki pintu sopir. Adapun hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Lang Widya Praba Wasista selaku Bus and Coach Consultant Laksana mengungkapkan, Menteri Perhubungan sudah menetapkan aturan tidak adanya pintu pada bagian sisi kanan sopir bus.

Viral Truk Paving Block Tabrak Sejumlah Kendaraan di Cimahi

Aturan ini tertera dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

"Saat ini kan ada pembaruan aturan di PM 23 Tahun 2021, itu untuk keamanan dan syarat-syarat pintu, akses-akses pintu darurat," ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif pada Selasa, 14 Mei 2024.

Video Remaja Main Skateboard Bikin Celaka Pengendara Motor

Pameran bus klasik di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto

Lang menyampaikan, aturan tersebut menjadi dasar alasan kenapa bus di Indonesia saat ini sudah tidak memiliki pintu sopir. 

Kemudian, untuk alasan utamanya adalah agar bila terjadi kecelakaan, pengemudi bus tidak gampang melarikan dan menyelamatkan diri sendiri.

"Di Indonesia kan tidak boleh pakai pintu di bagian sisi sopir, agar sang pengemudi bus tidak menyelamatkan dirinya sendiri," jelasnya.

"Habit-nya di Indonesia kan kalau ada kecelakaan, sopir bus sering melarikan diri, tidak bertanggung jawab dan menyelamatkan diri sendiri. Nah, tujuan tidak adanya pintu sopir ini agar driver lebih bertanggung jawab dalam membawa kendaraannya," tambah Lang.

Lebih lanjut, Lang mengungkapkan memang masih ada beberapa karoseri yang belum mematuhi aturan tersebut. Namun hal itu tak lain karena permintaan dari pelanggan.

"Setiap karoseri pasti sudah mempersiapkan. Tetapi, tidak sedikit juga biasanya ada customer yang memaksa meminta pakai pintu sopir," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya