Menteri ATR/BPN Serahkan Ratusan Sertifikat Aset Pemda dan BUMN se-Provinsi Banten

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.
Sumber :
  • Istimewa

Tangerang -- Sebanyak 303 sertifikat dibagikan Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada pihak Pemerintah Daerah dan BUMN se-Provinsi Banten.

Pemberian yang dilakukan langsung oleh Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto ini, menjadi salah satu cara untuk memitigasi aset-aset daerah.

"Sertifikasi ini merupakan program yang terus dilaksanakan untuk memitigasi aset-aset daerah, sehingga program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bisa berjalan dengan baik. Sehingga, tidak ada lagi tumpang tindih sertifikat maupun permasalahan mafia tanah yang kerap merugikan masyarakat," katanya di Kantor Wali Kota Tangerang, Kamis, 27 Juli 2023.

Lanjut dia, dengan pemberian sertifikat soal aset di seluruh wilayah ini dan terdaftar, dapat memberikan kepastian kepada investor yang datang dapat soal hukum.

PT Timah Rombak 2 Jajaran Direksi, Ahmad Dani Ungkap Fokus Perbaikan Bisnis

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

Photo :
  • Istimewa


"Tujuan kami seluruh wilayah (asetnya) terdaftar, sehingga ada kepastian kepada investor, serta memudahkan program digitalisasi untuk melaksanakan sertifikat secara elektronik," ujarnya.

Nantinya, setelah asetnya terverifikasi, ia meminta agar pemerintah segera menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), agar memudahkan para investor datang ke Indonesia, untuk mengurus persyaratan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) atau izin lokasi.

"Setelah ini, pemerintah segera menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Dan di Provinsi Banten ini baru dua KKPR yang terhubung dengan aplikasi OSS (Online Single Submission). Mudah mudahan RTDR bisa diselesaikan di Banten ini, sehingga investor dapat kepastian hukum dan iklim investasi di Banten bisa naik," ungkapnya.

Raup Laba Bersih Rp483 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar
Muamalat Tower / Bank Muamalat Pusat

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 5 Miliar pada Kuartal I-2024, Intip Sumer Cuannya

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatatkan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada kuartal I-2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024