Meski Menguat Pagi Ini, Rupiah Berpotensi Melemah Menuju Rp 15.200 per Dolar AS

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 7 Agustus 2023. Rupiah menguat sebesar 7 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp 15.163 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.170 per dolar AS.

Indonesia dan UEA Sepakat Tinggalkan Dolar AS Dalam Transaksi Bilateral

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 15.168 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpeluang melemah hari ini. Hal itu karena sentimen pasar tidak sepenuhnya positif pada pagi ini. 

Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

"Sebagian indeks saham Asia terlihat bergerak turun seperti indeks Nikkei dan Kospi. Nilai tukar regional juga sebagian bergerak melemah terhadap dolar AS," kata Ariston kepada VIVA, Senin, 7 Agustus 2023.

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

Ariston menuturkan, melalui data tenaga kerja AS pada akhir pekan lalu juga memberikan indikasi bahwa potensi kenaikan inflasi AS masih ada. Dalam hal ini kenaikan pertumbuhan upah rata-rata per jam dan tingkat pengangguran yang lebih rendah dari bulan sebelumnya. 

"Ini bisa memicu Bank Sentral AS untuk mempertahankan kebijakan suku Bunga tinggi," ujarnya.

Selain itu kata Ariston, isu pelambatan ekonomi di China juga menjadi faktor pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sebab, Indonesia memiliki hubungan dagang yang besar dengan China.

"Di sisi lain, data pertumbuhan PDB kuartal II Indonesia mungkin bisa mendorong penguatan rupiah, bila hasilnya menunjukkan pertumbuhan di atas 5 persen," kata dia. 

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.200. Sedangkan potensi penguatan di kisaran Rp 15.100.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya