KCJB Uji Coba Sarana, Kemenhub: Izin Operasional Kereta Cepat Masih Berjalan

Kereta cepat (viva.co.id)
Sumber :
  • vstory

Jakarta –  Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal mengatakan, saat ini Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) masih melakukan proses uji coba sarananya.

Tiket Whoosh Dijual Mulai dari Rp 150 Ribu pada Libur Panjang Akhir Pekan Ini

Sementara, terkait dengan izin operasional KCJB, Risal memastikan bahwa izin operasional baru akan dikeluarkan oleh pihaknya, setelah proses uji coba sarana KCJB berjalan lancar.

"Izin (KCJB) masih berjalan, sementara prosesnya masih uji coba. Hari ini kita masih uji coba dinamis (KCJB) untuk sarananya," kata Risal di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2023.

Mau Naik Kereta Cepat Whoosh, Simak Dulu Daftar Moda Transportasi Gratis yang Terintegrasi

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)

Photo :
  • KCJB

Meski demikian, Risal mengaku belum bisa memastikan apakah izin operasional tersebut sudah akan keluar, sebelum masa operasional untuk masyarakat pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Whoosh Tebar Promo Wisata Sampai 12 Mei 2024, Simak!

"Kita tunggu ya, kalau semuanya berjalan baik, kita akan keluarkan izin operasinya," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sempat mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan izin operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung, paling lambat 1 Oktober 2023.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia / Kemenhub RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Saat ini, Menhub mengatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan pengawasan secara intensif, bersama dengan pihak konsultan dari Eropa.

Hal itu dilakukan melalui serangkaian uji coba (commissioning test), sebelum mengeluarkan izin operasi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya