IHSG Diprediksi Tertekan Tingkat Kepercayaan Konsumen, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 2 poin atau 0,04 persen di level 6.871,pada pembukaan perdagangan Rabu, 9 Agustus 2023.

AirAsia Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 6,62 Triliun pada Tahun 2023

Chief Executive Officer (CEO) PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk melemah pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG berpotensi melemah," kata William dalam riset hariannya, Rabu, 9 Agustus 2023.

OJK Cabut Izin Usaha TaniFund Lantaran Tak Penuhi Ketentuan Ekuitas dan Rekomendasi Pengawasan

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia menjelaskan, perkembangan pergerakan IHSG masih berada dalam fase konsolidasi, di tengah membaiknya rilis data perekonomian cadangan devisa dan laporan keuangan emiten sepanjang semester I-2023 yang menunjukkan perbaikan.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

"Sedangkan rilis data perekonomian mengenai tingkat kepercayaan konsumen yang sedikit terkoreksi, menjadi salah satu faktor penekan pergerakan IHSG dalam rentang jangka pendek," ujar William.

Hal itu mengingat bahwa secara menyeluruh, kondisi perekonomian masih dalam keadaan stabil. Sehingga momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor melakukan akumulasi pembelian, terutama untuk saham-saham berfundamental kuat.

"IHSG diprediksi bergerak dalam level 6.821-6.954," ujarnya.

Selain itu, ia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ICBP, BMRI, ITMG, TLKM, CTRA, KLBF, JSMR, BSDE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya