Tunggu Diresmikan Jokowi, Operasional LRT Jabodebek Mulai 30 Agustus 2023

Uji coba LRT Jabodebek, kereta ringan tanpa masinis
Sumber :
  • KAI

Jakarta –  Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, berencana untuk meresmikan operasional LRT Jabodebek pada 30 Agustus 2023 mendatang.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengatakan, mundurnya tanggal operasional secara resmi, sekaligus rencana peresmian langsung oleh Presiden Jokowi itu, salah satunya karena bergantung pada ketersediaan jadwal sang RI-1 tersebut.

"Rencana tanggal 26 Agustus akan diresmikan oleh Pak Jokowi. Pak Jokowi tanggal 26 kayaknya tidak di sini, baru direncanakan tanggal 30 Agustus," kata Risal di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bahkan, Risal juga membantah bahwa peresmian LRT Jabodebek itu beberapa kali mundur karena belum layaknya kondisi kereta, dan memastikan bahwa operasional seluruh kereta sudah berjalan dengan baik.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

"Tidak ada masalah di kereta, masalah waktu aja beliau meresmikan," ujarnya.

Risal mengatakan, nantinya pada tanggal 30 Agustus 2023, juga akan mulai berlaku Commercial Operation Date (COD) untuk masyarakat. "COD tanggal 30 (Agustus). Rencana semuanya masih rencana. Masih ada level yang memutuskan 'oke tanggal 30'," kata Risal.

LRT Jabodebek, Ujicoba Terbatas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, lanjut Risal, rencana peresmian LRT Jabodebek ini pun belum menentukan di mana lokasinya, karena hal itu masih menjadi pembahasan pemerintah.

"Jangan nanya juga kapan diresmikan di mana, belum kita bahas. Itu masih usulkan perkiraan beliau ada, semuanya masih rencana bukan keputusan," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Presiden Jokowi sempat menyatakan bahwa LRT Jabodebek rencananya akan diresmikan dan mulai beroperasi untuk publik pada 26 Agustus 2023. Hal ini disampaikan Jokowi usai menjajal perjalanan LRT Jabodebek dari Stasiun Jati Mulya, Bekasi, menuju Stasiun Dukuh Atas bersama sejumlah selebriti.

"Kemungkinan, Insya Allah (diresmikan tanggal) 26 Agustus," kata Jokowi di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis, 10 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya