Siloam Tingkatkan Investasi Digital untuk Pelayanan Maksimal ke Pasien

Ilustrasi RS Siloam.
Sumber :
  • siloamhospitals.com

Jakarta – PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor pelayanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan infrastruktur Informasi Teknologi (IT) untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien dan mendorong kinerja perseroan. 

Sunra Bangun Pabrik Motor Listrik Senilai US$120 Juta, Kemenperin: Iklim Investasi RI Makin Kondusif

Presiden Komisaris SILO sekaligus Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR, John Riady mengatakan bahwa SILO terus berinvestasi dalam kualitas layanan untuk memberikan pengalaman pasien secara lebih sempurna. 

"Pada Kuartal III-2023, SILO yang saat ini mengoperasikan 41 rumah sakit Siloam yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia, berkomitmen meningkatkan digitalisasi, termasuk konversi layanan untuk memberikan arahan yang tepat dalam melayani pasien," ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 23 Agustus 2023.

Soal Heboh Kasus Nasabah Vs BTN, Begini Kata Pengamat

CEO Lippo Karawaci, John Riady.

Photo :
  • VIVA/Fikri

Di saat yang sama, lanjutnya, SILO juga berkomitmen mempertahankan posisinya sebagai penyedia layanan healthcare terkemuka dengan memberikan pengalaman pasien yang lebih lancar dan nyaman, didukung oleh kemampuan digitalnya.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Diproyeksi Tumbuh 5,15 Persen, Pemilu hingga Ramadhan Jadi Pendorong

Adapun saluran digital SILO sendiri terdiri dari aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus. SILO juga bekerja sama dengan platform lain seperti AIDO, HaloDoc, dan Alodokter.

Pada April 2023, SILO telah menerapkan pembayaran Ekspres sehingga pembayaran layanan dilakukan secara mandiri melalui aplikasi MySiloam. Pengiriman obat pun bisa langsung dilakukan via aplikasi tersebut. Pasien juga dapat melihat riwayat kesehatan keluarga, khususnya anak-anak mereka di portal pasien mereka sendiri.

Siloam Hospitals.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Mulai April 2023, SILO juga berhasil menerapkan bisnis Online to Offline (O2O) untuk layanan laboratorium dan radiologi, untuk tahap pemesanan dan pembayaran oleh pasien. Dengan melakukan ekspansi digital, SILO akan menjangkau pasar yang lebih luas untuk konsumen laboratorium dan radiologi, dengan informasi yang jelas serta aksesibilitas yang lebih baik melalui platform digital.

Di samping itu, sambungnya, SILO juga menyediakan layanan telechat Doctor on Demand untuk menawarkan perawatan darurat dan janji temu terapi online. 

Pasien pun dapat melakukan konsultasi melalui telepon seperti melalui video call dengan dokter spesialis dari rumah sakit Siloam. Setelah prosedur diagnostik dan berkonsultasi dengan dokter, pasien dapat terhubung dengan layanan farmasi apotek hingga laboratorium rujukan.  

SILO juga berhasil mentransformasi perjalanan pasien rawat jalan dengan menerapkan jalur antrean tunggal, di mana pasien hanya perlu mengambil satu nomor antrean selama kunjungan mereka di rumah sakit, termasuk pendaftaran, apotek, dan kasir. 

Pada Semester I-2023, fitur ini telah diimplementasikan di 39 rumah sakit Siloam dan telah berhasil mengurangi waktu tunggu konsultasi sebesar 25 persen dan mengurangi waktu tunggu kasir sebesar 14 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya