Kunjungi Pasar Rempah Terbesar di India, Mendag Zulhas: Banyak dari Indonesia

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Sumber :
  • ist

Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas saat menghadiri G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (TIMM) di Jaipur, mengunjungi pasar rempah terbesar di India, APMC Market, di Navi Mumbai. Pasar itu juga menjual rempah asal Indonesia. 

Toyota Luncurkan Innova Baru Berpenggerak Roda Belakang

Zulhas dalam kunjungannya juga bertemu dengan para pengusaha rempah India yang tergabung dalam Navi Mumbai Merchant’s Chamber. Mendag yang juga Ketua Umum PAN itu disambut oleh Gopaal Ahuja, direktur Komal Exotic Spices (K Ahuja Foods) dan Kirti Rana, Chairman Navi Mumbai Merchant’s Chamber. 

“Kedatangan Menteri Perdagangan Indonesia ke sini adalah sebuah kehormatan besar. Kami memiliki hubungan dagang yang panjang dengan Indonesia. Banyak rempah-rempah di sini datang dari Indonesia. Ada lada, ketumbar, cengkeh dan lainnya.” Kata Gopal dalam keterangannya Kamis, 24 Agustus 2023. 

Harga Emas Hari Ini 7 Mei 2024: Produk Antam dan Global Kompak Kinclong

Usai melakukan pertemuan dengan para pengusaha rempah, Zulhas diajak berkeliling ke APMC Market. Di sana terdapat lebih dari 15.000 perusahaan yang mengelola perdagangan rempah ke seluruh India bahkan dunia.

Mendag Zulkifli Hasan di India.

Photo :
  • Istimewa.
Dibuka menguat, IHSG Ditopang Sentimen Positif Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Pun, Zulhas dalam kunjungannya dikalungi syal dan diberikan bunga sebagai tanda kehormatan. Ia mengatakan akan terus memperbaiki hubungan dagang yang baik dengan Indonesia, terutama dalam bidang rempah. 

“Saya cukup surprise dengan skala perdagangan rempah yang terjadi di pasar ini. Pengelolaannya juga maju, kita harus belajar. Setelah G20 ini, saya akan bicara dengan Mendag India Piyush Goyal untuk mencari solusi tentang hambatan-hambatan tarif yang terjadi. Saya minta atase perdagangan dan ITPC di sini untuk mengawal.” kata dia. 

Adapun di bawah kepemimpinan Zulhas perdagangan Indonesia di berbagai sektor dengan berbagai negara di dunia terus mengalami peningkatan dan menambah surplus neraca perdagangan nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya