Rupiah Menguat Tipis ke Rp 15.291 per Dolar AS Senin Pagi, Simak Pemicunya

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 28 Agustus 2023. Rupiah menguat sebesar 4 poin atau 0,03 persen ke posisi Rp 15.291 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.295 per dolar AS.

Indonesia dan UEA Sepakat Tinggalkan Dolar AS Dalam Transaksi Bilateral

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, rupiah ditempatkan di angka Rp 15.297 per dolar AS.

Pengamat pasar uang, Ariston Tjendra memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan terus menguat pada hari ini. Menurutnya, saat ini pasar tengah mengambil sisi positif dari pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell di pertemuan Jackson Hole pada akhir pekan kemarin, sehingga menyebabkan minat pasar terhadap aset berisiko meninggi. 

Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

"Powell mengatakan bahwa pertumbuhan perekonomian tidak menurun seperti yang diperkirakan sebelumnya. Ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan dan konsumen juga terus melakukan belanja," kata Ariston kepada VIVA, Senin, 28 Agustus 2023. 

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$136,2 Miliar Buat Bayar Utang dan Stabilisasi Rupiah

Ariston menilai, dari sisi negatifnya, pertumbuhan yang cepat akan mendorong kebijakan moneter yang lebih ketat untuk menahan inflasi.

"Pagi ini kita melihat indeks saham Asia bergerak naik, yang bisa diartikan sentimen terhadap risiko sedang bagus," ujarnya. 

Selain itu terang Ariston, pasar masih mewaspadai isu kenaikan suku bunga AS dan perlambatan ekonomi China. Sehingga penguatan mata uang rupiah tidak akan terlalu tinggi. 

Ariston memperkirakan, mata uang rupiah terhadap dolar AS akan hari ini akan menguat ke arah Rp 15.250-Rp 15.230. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 15.330.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya