Telan Anggaran Rp 32,6 Triliun, Jokowi Resmikan LRT Jabodebek

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan LRT Jabodebek
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan moda transportasi Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi ini saya resmikan kereta api ringan LRT terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi," kata Jokowi di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur, Senin, 28 Agustus 2023.

Jokowi mengatakan, sudah menjadi pemahaman umum bahwa DKI Jakarta selalu masuk dalam 10 kota yang termacet di dunia. Dimana, setiap hari masuk 996.000 kendaraan ke Jakarta, sehingga macet dan polusi juga selalu ada di Jakarta setiap harinya.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

"Oleh sebab itu kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, Transjakarta, BRT, Kereta Bandara, agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal," ujar Kepala Negara.

LRT melintas di longspan di kawasan Gatot Subroto - Kuningan

Photo :
  • Setpres
Rekan Kerja Ungkap Detik-detik Pekerja di Stasiun LRT Kuningan Jatuh saat Bekerja

Jokowi mengakui bahwa mengubah kebiasaan masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi ke kendaraan umum memang tidak mudah. Dia mencontohkan, meskipun setiap hari moda transportasi MRT terlihat penuh, tetapi kapasitas 180.000 yang ditargetkan setiap harinya hanya bisa mencapai 80.000 penumpang saja. Sehingga, masih ada kapasitas yang belum penuh terisi.

"Dan hari ini, alhamdulillah LRT juga sudah siap kita operasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur maupun yang dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer, dan menghabiskan anggaran Rp 32,6 triliun," kata Jokowi.

"Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik yang dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya. Sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi," ujarnya.

Diketahui, LRT Jabodebek telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin, 28 Agustus 2023. Presiden Jokowi pun menghadiri peresmian LRT Jabodebek ini dengan terlebih dahulu menaikinya dari Stasiun Harjamukti, Depok, dan berhenti di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur, yang menjadi lokasi peresmian.

Presiden pun didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, istri para Menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga negara dan dan sejumlah menteri yakni Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya