Jokowi Wanti-wanti Urusan Politik Jangan Ganggu Stabilitas Ekonomi

Pidato Presiden Jokowi Sampaikan RUU Anggaran Pendapatan dan APBN 2024
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal politik saat menghadiri rapat pimpinan nasional (rapimnas) Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) di Cirebon, Jawa Barat pada Selasa, 29 Agustus 2023. Menurut dia, jangan sampai urusan politik mengganggu stabilitas ekonomi yang lagi sulit di semua negara.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

“Mengenai urusan tahun politik, saya ingin menyampaikan terlebih dahulu mengenai bahwa semua negara sekarang ini pada posisi yang tidak mudah. Semua negara pada posisi yang sangat sulit, semua negara,” kata Jokowi dikutip dari YouTube Podcast Jaman.

Kalau dilihat, kata Jokowi, negara-negara maju yang namanya Amerika, Eropa, semua negara di sana pada posisi yang sangat sangat sulit. Baik pertumbuhan ekonominya maupun inflasinya, harga-harga semuanya membubung tinggi.

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Rapimnas Jaringan Kemandirian Nasional

Photo :
  • Youtube Jaman

Bahkan, lanjut dia, ada satu negara di Eropa yang sekarang ini harga energinya, harga listrik, gas, harga bensin sampai naiknya 700 persen. 

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

“Bayangkan naik 700 persen, di sini naik 10-15 persen tiga bulan. Itu 700%, coba mau demo berapa tahun. Betapa sangat sulit nya, harga pangan naik dua kali, naik 50 persen,” jelas dia.

Harusnya, Jokowi mengatakan, Indonesia bersyukur bahwa inflasi masih dapat dikendalikan diangka 3,1 persen. Pertumbuhan ekonomi juga di Kuartal II-2023 kemarin masih tumbuh 5,17 persen, termasuk 3 terbaik dunia. Bahkan, ekonomi yang baik sekarang ini yang di G20 Indonesia, India, RRT China. 

“Yang lain-lain sangat berat. Sekali lagi, dunia penuh tantangan baik itu krisis pangan, krisis energi, baik geopolitiknya. Negara-negara banyak konflik,” ujarnya.

Presiden Jokowi jadi pemimpin upacara penurunan bendera merah putih.

Photo :
  • Biro pers Sekretariat Presiden.

Jokowi menceritakan kunjungannya ke Benua Afrika selama empat hari, di mana Indonesia patut bersyukur. Menurut dia, urusan air saja mereka sangat sulit sekali padahal air menjadi sebuah kebutuhan utama, pangan apalagi.

“Kita patut bersyukur betul. Sehingga, saya selalu menyampaikan jangan sampai urusan politik di 2024 itu mengganggu stabilitas ekonomi kita. Karena kalau terganggu dalam posisi dunia sulit itu kadang-kadang mengembalikannya akan sangat sulit, kadang-kadang. Bisa saja betul-betul sulit, tapi kadang-kadang bisa menyulitkan kita,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya