Rupiah Melemah ke Rp 15.310 per Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi, 6 September 2023. Rupiah melemah sebesar 10 poin atau 0,21 persen ke posisi Rp 15.310 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.300 per dolar AS.

Rupiah Gagah Perkasa Pagi Ini ke Level Rp 15.956 per Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.260 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini berpotensi melemah pada hari ini. Hal itu dipicu oleh pergerakan dolar AS. 

IHSG Menghijau Ditopang Surplus Neraca Perdagangan dan Rupiah

"Indeks dolar AS bergerak naik sejak kemarin dan menembus level tertinggi selama 6 bulan di kisaran 104.80, demikian juga tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS bergerak naik," kata Ariston kepada VIVA Bisnis, Rabu, 6 September 2023. 

Mata uang dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Rupiah Mulai Bertenaga usai Pernyataan Jerome Powell soal Suku Bunga

Ariston menjelaskan, penguatan dolar dipicu oleh data pesanan pabrik AS bulan Juli yang dirilis semalam menunjukkan penurunan yang di bawah ekspektasi pasar. Selain itu, Semalam anggota dewan Gubernur Bank Sentral AS, Christopher Waller juga menjelaskan kemungkinan Bank Sentral bisa menahan suku bunga tinggi lebih lama untuk mengendalikan inflasi.

"Kekhwatiran pasar terhadap perlambatan ekonomi China juga menyumbang tekanan untuk aset berisiko termasuk rupiah. Pasar masuk ke aset aman dolar AS," ujarnya. 

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.300. Sedangkan potensi support di kisaran Rp 15.250.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya