Jokowi Beberkan Kesepakatan Negara-negara ASEAN di Bidang Ekonomi

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hasil kesepakatan dalam forum KTT ASEAN 2023. Kepala Negara menuturkan, kesepakatan yang terjadi di bidang ekonomi di antaranya mengenai pengembangan kendaraan listrik hingga komitmen negara ASEAN untuk menggunakan mata uang lokal.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Jokowi mengatakan, mengenai manfaat ekonomi banyak uang sudah dihasilkan termasuk soal epicentrum of growth mengenai pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

"Deklarasi ASEAN mengenai epicentrum of growth mengenai pengembangan ekosistem EV baterai. Kemudian juga percepatan pelaksanaan regional cross border payment dan local currency transaction," kata Jokowi dalam konferensi pers di JCC, Senayan, Kamis, 7 September 2023.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

KTT ASEAN 2023

Photo :
  • VIVA

Jokowi menjelaskan, dalam Indo Pacific Forum (AIPF) yang dilaksanakan pada 5-6 September 2023, telah menghasilkan 93 proyek senilai US$38,2 miliar.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

"Untuk pelaksanaan ASEAN Indo Pacific Forum ini konkrit menghasilkan 93 project senilai US$38,2 miliar. Ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand menyepakati untuk memperkuat kerja sama dalam melakukan transaksi menggunakan mata uang lokal negara masing-masing negara (Local Currency Transaction/LCT).

Adapun penguatan kerja sama itu ditandai dengan seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) oleh ketiga gubernur bank sentral.

"MoU tersebut mencerminkan upaya berkelanjutan dari ketiga bank sentral untuk lebih meningkatkan kerangka mata uang lokal yang ada dengan memperluas penggunaan mata uang lokal untuk mencakup transaksi berjalan, transaksi modal, dan transaksi keuangan," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.

Perry mengatakan, penguatan kerja sama itu dilakukan melalui perluasan mata uang lokal pada transaksi lintas batas yang lebih luas dari cakupan perdagangan dan investasi langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya