ESR Karawang Logistics Park 1 Dibangun, Siapkan Fasilitas Gudang hingga Pusat Data

ESR Group Limited, pengelola aset real estate telah memulai konstruksi ESR Karawang Logistics Park 1.
Sumber :
  • Dok. ESR

Jakarta – Konstruksi ESR Karawang Logistics Park 1 telah dimulai oleh ESR Group Limited, perusahaan pengelola aset real estate. Kawasan itu disebut merupakan fasilitas Grade A pertama di kabupaten di mana banyak perusahaan manufaktur beroperasi, terutama produsen otomotif.

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

ESR Karawang Logistics Park 1 akan menawarkan fasilitas gudang terutama untuk mereka yang bergerak di sektor otomotif, barang konsumsi dan makanan, gabungan gross floor area (GFA) seluas 97.902 m². Luas tersebut meliputi lima gedung gudang satu lantai untuk kebutuhan penyimpanan dan distribusi mereka. 

Pendiri dan Co-Chief Executive Officer (CEO) Grup ESR, Jeffrey Shen dan Stuart Gibson mengatakan, Indonesia adalah pasar penting dalam ekspansi mereka di Asia Tenggara. Ia mengatakan, sedang memaksimalkan keahlian terbaik perusahaan di bidang pengelolaan dana dan pembangunan, yang bertujuan untuk membangun nilai bagi penyewa, mitra, dan masyarakat. Dengan aset baru dan yang akan datang. 

Reaksi Jokowi soal Fotonya Dicopot dari Sejumlah Kantor PDIP

"Termasuk ESR Karawang Logistics Park 1, kami terlibat secara jangka panjang, sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, membuka berbagai peluang investasi, dan menciptakan lapangan kerja," kata Jeffrey dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu, 10 September 2023.

Ilustrasi pembangunan pabrik di Karawang.

Photo :
  • Antara
Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

Di tengah pertumbuhan PDB yang semakin cepat dan permintaan yang melonjak dalam kebutuhan pergudangan dan distribusi, lanjut dia, pihaknya ingin berperan membantu memperkuat rantai pasokan nasional. "Menghasilkan efisiensi bagi penyewa dan pelanggan melalui pusat logistik modern yang terletak strategis," katanya. 

Selain pasar logistik, luas lahan yang besar dari kawasan pergudangan ini mencapai 157.887 m², sehingga memungkinkan pengembangan fasilitas lain seperti pusat data, sejalan dengan fokus Ekonomi Baru ESR di bidang logistik dan perdagangan elektronik, pusat data, ilmu pengetahuan, dan industri berbasis teknologi canggih. 

Terletak di Kawasan Industri Surya Cipta, ESR Karawang Logistics Park 1 adalah satu-satunya  fasilitas dengan pintu masuk Utara dan Selatan di daerah industri yang berkembang di Koridor Timur Jakarta. 

Dijelaskan pula bahwa lokasinya hanya satu jam dari Jakarta. Kawasan pergudangan ini dapat diakses melalui beberapa jalan tol, termasuk jalan tol layang Jakarta-Cikampek, serta jalan tol Jakarta–Cikampek II (Sisi Selatan), jalan tol Cibitung–Cilincing, dan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan beroperasi. 

Pergudangan ini juga berada di dalam kawasan industri yang sudah berkembang dan berlokasi paling dekat dengan Pelabuhan Patimban, dimana pelabuhan ini akan direncanakan menjadi pelabuhan ekspor utama Indonesia. Konstruksi bangunan pertama telah dimulai, setelah penyelesaian tata letak dan desain dengan satu penyewa dari sektor Manufaktur Industri. 

Ia melanjutkan, diskusi dengan penyewa potensial lainnya juga sedang berlangsung. Kawasan logistik ini direncanakan akan diisi dengan lima fasilitas, yang ke semuanya akan memiliki fasilitas instalasi panel surya guna mengurangi dampak lingkungan. 

Dimulainya pembangunan ini merupakan hasil dari kemitraan strategis yang dijalin antara ESR, Indonesia Investment Authority (INA), dan MC Urban Development Indonesia, anak perusahaan Mitsubishi Corporation, untuk membuka potensi peluang investasi pergudangan modern di Indonesia. 

ESR Karawang Logistics Park 1 adalah salah satu dari tiga aset yang dikembangkan dan dikelola oleh ESR di bawah kemitraan ini. Para mitra disebut sedang menjelajahi kemungkinan untuk melakukan investasi gabungan tambahan di sektor ini. Per 30 Juni 2023, ESR memiliki proyek pembangunan senilai US$13 miliar, workbook pengembangan terbesar di kawasan Asia Pasifik. Pada paruh pertama tahun 2023, Grup ini mencapai rekor pembangunan senilai US$3,8 miliar serta penyelesaian senilai US$2,2 miliar yang sudah terealisasi. Di Indonesia, ESR memiliki total aset di bawah pengelolaan senilai US$942 juta dan luas GFA sebesar 886.000 m² per 30 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya