Ganjar Pranowo Akui Ragukan Kualitas SDM di Indonesia Buat Gantikan TKA China

TKA asal China masuk ke Indonesia di masa pandemi corona.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ali Azumar

Yogyakarta – Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo membuat pernyataan yang viral di media sosial. Adapun Ganjar menyebut akan memulangkan tenaga kerja asing (TKA) asal China, jika Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia sudah cukup untuk menggantikannya.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri acara dialog "3 Bacapres Bicara Gagasan" yang digelar di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa, 19 September 2023.

Mulanya, presenter Najwa Shihab, yang juga pembawa acara bertanya soal pernyataan Ganjar yang dianggap meragukan kualitas SDM Indonesia terkait keberadaan TKA China.

Ganjar Deklarasi Siap jadi Oposisi Prabowo, Bamsoet: Di Indonesia Nggak Ada Istilah Itu

Ganjar Pranowo

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

Kemudian, Ganjar menjawab pertanyaan itu dengan bercerita tentang pengalamannya didemo besar-besaran karena terdapat investasi dari banyak negara, mulai dari Amerika, Korea Selatan, Jepang, Eropa, dan China.

Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Lalu suatu ketika saya undang, saya ajak dialog, 'Bro apa?', 'Kami pak yang harus bekerja', 'Good, Anda yang harus bekerja. Masuk'. Anda siap dites? Enggak lolos mbak," ujar Ganjar.

Mendengar jawaban seperti itu, Ganjar mengaku meragukan kualitas SDM di Indonesia, karena melihat angka pengangguran yang tinggi.

"Ya saya ragukan dong. Terbukti kok angka penganggurannya seperti itu, masa kita masih percaya enggak ragu, kita harus ragu dong. kalau kita enggak ragu melihat itu tidak terserap tenaga kerja, eh pemerintah kamu ngapain? Kamu tidur?" kata Ganjar.

Ia juga mengatakan bahwa, jika suatu investasi masuk ke Indonesia, maka harus ada jaminannya. Termasuk, kata dia, dalam hal menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Investasi masuk ke Indonesia harus ada jaminan. Maka saya sampaikan, lho jangankan yang itu, kalau mereka sudah tidak anda kehendaki, kita usir besok pagi. Tapi kita bisa atau enggak? Jangankan membuat, Anda meng-install alat itu bisa atau enggak?" jelasnya.

Ganjar Pranowo sebelumnya hadir dalam acara 'Kuliah Kebangsaan FISIP UI, Hendak ke Mana Indonesia Kita?', yang digelar di Kampus Universitas Indonesia (UI), Senin 18 September 2023.

Ketika jadi pembicara di Kampus UI itu, Ganjar sempat mendapatkan sebuah protes untuk mengusir Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China. Namun, kejadian itu terjadi ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo di UGM

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

"Jangan teriak-teriak banyak pegawai China, diusir Pak. Pengalaman di Jateng gitu," ujar Ganjar.

Namun demikian, ketika Ganjar kembali mendapat protes tersebut. Dirinya meminta kepada pihak yang memprotes apakah bisa untuk menggantikannya

"Ya sudah kita usir besok pagi, tapi kamu bisa gantikan gak?," tutur Ganjar.

"Kalau saya bicara blak-blakan. Gak ada 'nanti oh ya, ya, kita akan bicarakan'. Kesuwen (kelamaan solusinya)," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya