Sebut RI Sangat Ambisius Soal Aksi Iklim, Sri Mulyani: Bursa Karbon Pertama Sudah Diluncurkan

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menginap di IKN
Sumber :
  • FB Sri Mulyani

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Indonesia adalah negara yang sangat ambisius mengenai aksi iklim. Sebab, transisi energi saat ini tengah menjadi fokus Pemerintah. 

Sri Mulyani, Andika Perkasa, dan Risma Masuk Bursa Cagub PDIP DKI

Sri Mulyani mengatakan, saat ini dia berada di Berlin, Jerman, untuk menghadiri Dialog Global Berlin bersama Presiden Dewan Eropa, Pendiri dan Managing Partner Bertelsmann Asia Investments (BAI), hingga Presiden Internasional Bank of America, Bernie Mensah. 

"Kami berdiskusi tentang tantangan untuk melibatkan sektor swasta dalam mewujudkan transisi energi," kata Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati Jumat, 29 September 2023. 

PLN Indonesia Power Siapkan Ragam Listrik EBT untuk Kebutuhan 35 Tahun ke Depan

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia adalah negara yang sangat ambisius mengenai aksi iklim. Dalam hal ini Pemerintah selalu mencoba membuat aksi nyata, seperti peluncuran bursa karbon pertama di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Presiden Joko WIdodo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan jajaran pejabat lainnya dalam peluncuran Bursa Karbon di Main Hall, Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

Photo :
  • Antara/HO-OJK
Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Selain itu jelas dia, Pemerintah juga telah meluncurkan ETM Country Platform sebagai instrumen yang akan mewadahi seluruh pemangku kepentingan MDB, sektor publik, sektor swasta, juga filantropi-untuk mendesain transisi energi yang tepat bagi Indonesia. 

"Termasuk dari sisi kebijakan agar dapat memfasilitasi keterlibatan sektor swasta," jelasnya. 

Bendahara Negara ini melanjutkan, Indonesia juga tengah melakukan berbagai upaya kongkret untuk mewujudkan transisi energi. 

"Saya sampaikan bahwa Indonesia tengah melakukan berbagai upaya konkret untuk mewujudkan transisi energi yang mungkin belum sempurna, tetapi setidaknya kita terus mencoba, dan bisa belajar dari apa yang telah kita lakukan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya