Alasan Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Jadi Plt Mentan: Biar Lebih Memudahkan

Presiden Jokowi beri keterangan pers di Istana Merdeka Jakarta
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasan menunjuk Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo. Sebab, Syahrul Limpo telah mengirim surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno pada Kamis sore, 5 Oktober 2023.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

“Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan,” kata Jokowi di Istana Negara pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Karena, kata dia, Kementerian Pertanian, Bulog, Badan Pangan dan Kementerian Perdagangan itu harus selalu bersatu.

“Jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan,” jelas dia.

Direktorat Kementan Kumpulkan Rp 1 Miliar Biayai SYL Kunker ke Arab Saudi Sekalian Umrah

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menemui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara pada Kamis, 5 Oktober 2023. Tampak, Syahrul Limpo didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Tampak, Siti Nurbaya yang merupakan satu rekan di Partai NasDem satu mobil dengan Syahrul Limpo naik Alphard warna hitam plat nomor B 1298 RFV. Syahrul Limpo tiba sekitar jam 17.20 WIB dan selesai bertemu Pratikno jam 17.46 WIB.

“Saya sore hari ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensesneg, Pak Pratikno untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai menteri,” kata Syahrul Limpo di Kementerian Sekretariat Negara.

Sementara Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengaku baru saja menerima kunjungan Syahrul Yasin Limpo bersama Menteri Siti Nurbaya di kantornya. Menurut dia, Syahrul Limpo mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pengunduran diri dari Menteri Pertanian.

“Pak Syahrul menyampaikan surat kepada Bapak Presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai Menteri. Jadi, surat itu sudah kami terima baru saja dan segera akan saya laporkan kepada Bapak Presiden,” ujarnya.

Presiden jokowi bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Inacraft 2023

Photo :
  • Dokumentasi Kemendag

Tentu saja, Pratikno mengatakan akan menindaklanjuti surat pengunduran diri yang dikirim Syahrul Limpo dari jabatan Menteri Pertanian. Selanjutnya, ia menunggu arahan dari Presiden Jokowi terkait posisi Menteri Pertanian.

“Tentu saja kita akan segera menindaklanjuti. Nanti saya menunggu arahan Bapak Presiden, kemungkinannya adalah karena sudah mengundurkan diri, akan diterbitkan Keppres pemberhentian dan tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai Menteri Pertanian,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya