Harapan Pedagang Pasar Arief Prasetyo Jadi Plt Mentan: Komunikasi Tak Lagi Buntu

Aktivitas pedagang dan konsumen di pasar tradisional sayur dan rempah-rempah. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) menteri pertanian.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Arief menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo, yang telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Kamis sore, 5 Oktober 2023.

Menanggapi penunjukkan Arief Prasetyo sebagai Plt Menteri Pertanian, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) pun mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi tersebut, dan meyakini bahwa komunikasi dengan pihak Kementan akan semakin mudah ke depannya.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi

Photo :
  • Bapanas

"Ini akan mempermudah komunikasi dan koordinasi yang selama ini buntu mengenai persoalan pangan," kata Ketua Umum IKAPPI, Abdullah Mansuri, dalam keterangannya, Jumat, 6 Oktober 2023.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

DPP IKAPPI melihat jika Presiden Jokowi sudah mengetahui bahwa anak buahnya mengalami ketidaksinkronan komunikasi dan koordinasi, yang menyebabkan persoalan pangan tidak kunjung selesai.

Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Menteri Pertanian.

Photo :
  • ANTARA Foto

Karena, masalah-masalah di sektor pangan jelas membutuhkan peran strategis Kementerian Pertanian, dan koordinasi yang baik antara Kementan dengan para lembaga serta stakeholder terkait lainnya.

"IKAPPI melihat peran strategis kelembagaan dalam tubuh kabinet dapat segera terselesaikan, jika koordinasi antar lembaga lebih sinkron dan terarah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya