Cara Kemenhub Pastikan Aspek Keselamatan Jadi Prioritas Pelayaran

Ilustrasi Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay

Gresik – Peran Pemerintah terutama Kementerian Perhubungan dalam menjamin aspek keselamatan pelayaran, merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal itu misalnya dilakukan melalui regulasi bidang keselamatan pelayaran, yang diadopsi dari peraturan International Maritime Organization (IMO).

Mantan Direktur BUMD Cilegon Jadi Tersangka Korupsi Rp7 Miliar

Kepala Kantor KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian menjelaskan, regulasi bidang keselamatan pelayaran tersebut yakni International Safety Management Code (ISM-Code), yang mulai diberlakukan pada 1 Juli 1998 silam.

"ISM-Code menetapkan standar untuk membuat pelayaran yang aman dan bahaya yang sekecil mungkin terhadap lingkungan," kata Hotman dalam keterangannya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Meramaikan Destinasi Wisata Lewat Warna

Uji coba perdana pelayaran internasional

Photo :

Hotman menambahkan, hal lain yang perlu dilakukan adalah peningkatan fasilitas keselamatan pelayaran, seperti Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), pengerukan alur pelayaran, serta rekondisi dan pembangunan sarana transportasi laut.

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

"Misalnya seperti kapal navigasi dan kapal patroli, agar penyelenggaraan transportasi laut berjalan dengan tingkat keselamatan dan keamanan yang sesuai dengan standar keselamatan pelayaran internasional," ujar Hotman.

Lebih lanjut, Hotman juga mengatakan perlu adanya sinrgitas dan tanggung jawab bersama, baik regulator, operator maupun para penumpang kapal itu sendiri, guna mewujudkan transportasi yang handal dan berkeselamatan khususnya di wilayah Gresik.

Karenanya, upaya sosialisasi keselamatan pelayaran pun terus digencarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Kali ini, Sosialisasi Keselamatan Pelayaran digelar oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, dengan tema ‘Transportasi Maju Menuju Zero Accident’.

Ilustrasi pelabuhan.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

"Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita akan pentingnya keamanan dan keselamatan pelayaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi dan Humas, Wisnu Wardana menyampaikan, keselamatan pelayaran perlu dipublikasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat luas. Sehingga menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari, karena keselamatan pelayaran merupakan tanggungjawab bersama semua pihak.

"Dalam mempublikasikan dan mensosialisasikan keselamatan pelayaran dapat menggunakan berbagai jenis saluran media massa dan media sosial karena saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan media sosial sehingga pesan yang disampaikan lebih efektif," ujar Wisnu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya