7 Penerbangan ke Soekarno-Hatta Dialihkan Imbas Kebakaran di TPA Rawa Kucing

Ilustrasi Industri Penerbangan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Jakarta - Perusahaan Umum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav mengungkapkan, sebanyak tujuh penerbangan dialihkan imbas dari kebakaran  di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang. Hal itu dilakukan karena mempengaruhi jarak pandang dalam proses pendaratan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Permintaan Layanan Kesehatan Melonjak, ICRC Buka RS Lapangan di Rafah

Sekretaris Perusahaan Airnav Hermana Soegijantoro mengatakan, kebakaran itu dilaporkan terjadi pada tanggal 20 Oktober 2023 pukul 14.30 WIB. Lokasi itu terletak 2,5 kilometer sebelah barat Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Kebakaran tersebut telah menghasilkan asap yang cukup tebal dan mempengaruhi jarak pandang dalam proses pendaratan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Hermana dalam keterangannya Minggu, 22 Oktober 2023. 

Viral Pria di Medan Bakar Rumah Sendiri Diduga Kecanduan Narkoba, Pihak Keluarga Minta Rehabilitasi

Kebakaran di TPA Rawa Kucing di Jalan Iskandar Muda, Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly.

Dengan demikian, Hermana menuturkan bahwa AirNav telah mengambil langkah-langkah mitigasi dengan menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor A3092-23. Hal itu bertujuan untuk memberikan pemberitahuan kepada seluruh penerbangan guna menjaga keselamatan, keamanan, keteraturan penerbangan, dan mengurangi potensi keterlambatan di bandara.

Brasil Tunda Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Israel Senilai Rp 2,3 Triliun, Ini Alasannya

"Selain pemberitahuan tersebut, kami juga telah mengatur kedatangan dan keberangkatan penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan mempertimbangkan arah asap, yang sangat tergantung pada kondisi angin," jelasnya. 

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi banyaknya maskapai yang terdampak, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), stasiun meteorologi Bandara CGK, untuk memperbarui informasi mengenai prediksi arah angin dalam satu minggu ke depan.

"Kami juga telah berkoordinasi mengenai skenario pengoperasian penerbangan heli water bombing oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menjaga keselamatan penerbangan sekaligus mendukung upaya penanggulangan kebakaran yang dilakukan oleh BNPB," ujarnya. 

Berikut daftar tujuh penerbangan yang mengalami pengalihan diantaranya sebagai berikut:

Ilustrasi maskapai penerbangan

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

- 06.58 UTC BTK6345 WAHI-WIII DIVERT TO WAHI
Batik Air nomor penerbangan BTK6345 dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) harus kembali lagi ke Bandara YIA setelah terbang.

- 0800 UTC LNI779 WAAA-WIII DIVERT TO WAHI
Lion Air nomor penerbangan LNI779 dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dialihkan ke Bandara YIA.

- 0805 UTC BTK6595 WARR-WIII DIVERT TO WAHI
Batik Air penerbangan BTK6595 dari Bandara Juanda Surabaya harus dialihkan ke Bandara YIA.

- 08.10 ANA855 RJTT 0143-WIIII DVT TO WSSS ATA 1001
All Nippon Airways nomor penerbangan ANA855 dari Tokyo Haneda Airport dialihkan ke Bandara Changi, Singapura.

- 0833 UTC GIA879 RKSI-WIII DIVERT TO WIPP
Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA879 dari Bandara Internasional Incheon Korea Selatan dialihkan ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

- 0900 UTC GIA713 YSSY - WIII DIVERTED TO WAHI
Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA713 dari Bandara Internasional Sydney Australia dialihkan ke Bandara YIA.

- 0922 LNI637 WIGG-WIII DIVERT TO WIPP
Lion Air dengan nomor penerbangan LNI637 dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu harus dialihkan ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya