Menteri Hadi: ATR/BPN Tidak Perpanjang HGB Hotel Sultan, Sudah Selesai!

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto  menegaskan pemerintah tidak akan memperpanjang Hak Guna Bangunan (HGB) Hotel Sultan.

Gelar Reforma Agraria Summit 2024, Kementerian ATR: Tindak Lanjut Deklarasi Karimun 2023

"Yang jelas ATR/BPN tidak memperpanjang HGB. Sudah selesai," kata Hadi kepada awak media di Hotel Sheraton, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Hotel Sultan, Pengambil alihan aset negara

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
AHY Akui Sudah Ada Diskusi Jatah Menteri di Koalisi Prabowo-Gibran

Dengan tidak diperpanjangnya HGB, maka pengelola Hotel Sultan yaitu PT Indobuildco milik Pontjo Sutowo tidak berhak lagi menempati Blok 15 kawasan Gelora Bung Karno (GBK). Hadi menuturkan, terkait dengan pihak Pontjo yang masih menempati Hotel Sultan, hal itu diserahkan kepada aparat penegak hukum.

"Itu sudah ranahnya aparat penegak hukum," ujarnya. 

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Hotel Sultan, Pengambil Alihan Aset Negara

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara itu, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni dalam kesempatan terpisah meminta, agar pihak Pontjo menghormati proses hukum. Sebab Pemerintah tercatat sudah menang berkali-kali di pengadilan terkait perkara tersebut. 

"Nampaknya perlu kerendahan hati dari pihak sana bahwa ini adalah negara hukum, pengadilan sudah memutuskan bahwa tanah tersebut secara legal milik negara dalam hal ini Kemensetneg," jelasnya. 

Hotel Sultan, Jakarta

Photo :
  • Dok. Istimewa

Juli menjelaskan, lahan Hotel Sultan merupakan secara sah merupakan milik negara sesuai HPL No. 1/Gelora pada tahun 1989 atas nama Kemensetneg c.q PPKGBK. Sehingga, PT Indobuildco dianggap tidak berhak lagi menempati lahan itu, dikarenakan HGB telah habis pada Maret-April 2023.

"Dari pihak sana juga sudah menikmati dari tanah yang ada itu sekian lama (50 tahun) dari hotel dan apartemen. Saya imbau aja untuk taat secara hukum," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya