Perjalanan Karir Panjang Shiv Sahgal di Unilever Sebelun Putuskan Mengundurkan Diri

Logo Unilever.
Sumber :
  • Unilever.co.uk

Jakarta – Dua direktur PT Unilever Indonesia Tbk mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan. Emiten barang-barang konsumsi tersebut menyampaikan pengunduran diri tersebut kepada Bursa Efek Indonesia.

Dibuka menguat, IHSG Ditopang Sentimen Positif Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Kedua direktur Unilever yang mengundurkan diri adalah Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli. Alasan pengunduran diri tersebut pun disampaikan dalam surat yang diajukan pada 23 November lalu

unilever hq

Photo :
  • urbika.com
Mantan CEO PrettyLittleThing Umar Kamani Pecahkan Rekor Penjualan Tanah Terbesar di Dubai

Dia mengungkapkan, pengunduran diri 2 direktur Unilever tersebut akan dimintai persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rencananya RUPSLB bakal digelar pada 19 Desember mendatang. Nah, berikut VIVA rangkumkan mengenai salah satu direktur yang mundur, yaitu Shiv Sahgal:

Sosok Shiv Sahgal

Indika Energy Bakal Tebar Dividen Rp 480 Miliar, Cair Awal Juni 2024

Shiv Sahgal merupakan direktur home care Unilever Indonesia yang merupakan warga negara India. Dia diangkat sebagai salah satu anggota direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tanggal 15 Juni 2022. Dia pun efektif menjabat sebagai Direktur pada 1 Juli 2022.

Shiv memiliki gelar Master of Business Administration atau MBA dari Institut Manajemen India (IIM), Lucknow. Dia bergabung dengan Unilever setelah akuisisi bisnis body care Sara Lee pada 2011 silam.

Shiv sendiri telah bekerja di kawasan Asia Tenggara selama lebih dari 15 tahun. Dari total waktu tersebut, sekitar 8 tahunnya dihabiskan Shiv di Indonesia. Sebelum menjadi Direktur Home Care, dia pernah menjabat sebagai Foods Director & Hair Care Director di Unilever Indonesia selama empat tahun.

Berdasarkan LinkedIn pribadinya, Pria berkewarganegaraan India ini memulai karirnya dengan bekerja di Reckitt Benckiser sebagai Management Trainee pada 1995. Dia tercatat pernah menduduki berbagai posisi lainnya, mulai dari  Area Sales Manager (ASM), Digital Right Management (DRM), dan Brand Manager hingga Mei 2003.

Dia juga pernah bekerja di Whirlpool of India Ltd sebagai General Manager Marketing pada 2003-2004. Shiv meneruskan karirnya di Sara Lee H&BC India sebagai Vice President dari 2004 hingga 2007.

Logo Unilever.

Photo :
  • Unilever.co.uk

Dia kemudian dimutasi ke Sara Lee Indonesia untuk menjadi marketing director hingga 2011. Pada 2010, di perusahaan tersebut dia juga sempat menduduki jabatan sebagai sales and marketing director.

Pada Maret 2011, Shiv bekerja di Unilever Indonesia sebagai marketing director brand building – savoury & spread, sebelum menduduki posisi marketing director hair care.  Dia kemudian pindah Ke Singapura untuk menjadi marketing operations director SEAA Unilever.

Dia kembali berpindah tugas ke Malaysia dengan menduduki jabatan sebagai marketing director foods and refreshments. Setelah itu, dia kembali ke Unilever Singapura untuk mengisi posisi general manager. Barulah setelah itu dia pindah ke Unilever Indonesia sebagai direktur home care dan anggota direksi Perseroan.

Shiv pernah menempuh pendidikan di The Doon School, India, salah satu sekolah asrama khusus pria pada 1985 hingga 1990. Dia juga merupakan alumni dari Shri Ram College of Commerce pada jurusan Bcom (H), Commerce, Account, Eco.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya