Rupiah Perkasa Pagi Ini, Penjualan Rumah di AS Melambat Jadi Angin Segar

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 29 November 2023. Rupiah menguat sebesar 66 poin atau 0,43 persen ke posisi Rp 15.369 per dolar AS. 

Nilai Tukar Rupiah Melemah Bikin Harga Motor Yamaha Ikut Naik?

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.450 per dolar AS.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat pada hari ini.

Mobil Listrik Harga Terjangkau Kia Meluncur Bulan Ini

Ilustrasi uang rupiah

Photo :
  • vstory

"Rupiah diperkirakan melanjutkan penguatannya akibat rilis data FHFA House Price Index, yang diperkirakan mengalami perlambatan," kata Josua kepada VIVA Bisnis Rabu, 29 November 2023. 

Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Josua mengatakan, pada perdagangan kemarin rupiah menguat 0,39 persen ke level 15.435 per dolar AS. Hal ini sebagai dampak dari melemahnya data penjualan rumah AS.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Data penjualan rumah AS memberikan sinyal bahwa kebijakan Fed sudah cukup untuk menekan permintaan konsumen. Penguatan rupiah juga didukung oleh permintaan pada lelang SBN tertinggi sejak bulan Juli 2023," ujarnya. 

Adapun pada hari ini, Josua memperkirakan mata uang rupiah terhadap dolar AS menguat di kisaran Rp 15.375-Rp 15.475 per dolar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya