Sah, Bayu Krisnamurthi Ditunjuk Erick Thohir Gantikan Buwas Jadi Dirut Bulog

Bayu Krisnamurthi meninjau Pasar Induk Beras Cipinang.
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

Jakarta – Bayu Krisnamurthi resmi diangkat Menteri BUMN Erick Thohir jadi Direktur Utama Perum Bulog menggantikan Budi Waseso. Bayu diketahui sebelumnya menjabat Ketua Dewan Pengawas Perum Bulog.

Tiba di Paris, Timnas Indonesia U-23 Geber Persiapan Hadapi Guinea

Pengangkatan Bayu Krisnamurthi dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-341/MBU/12/2023 tanggal 1 Desember 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perum Bulog.

Bayu mengatakan bahwa amanah dan kepercayaan negara yang harus dijaga dengan baik apalagi mengingat posisi Bulog dalam menjaga kedaulatan pangan.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

"Sekaligus melanjutkan kepemimpinan Budi Waseso yang menurut saya sudah baik dalam mengawal berjalan nya transformasi Bulog sampai saat ini," ujar Bayu di Jakarta.

Bayu juga memuji kepemimpinan Budi Waseso karena mampu membawa Bulog melewati masa sulit dan mampu menjaga institusi Bulog menjadi yang kuat serta dapat menjalankan setiap misi yang ditugaskan negara dengan baik.

Kementerian BUMN Ungkap Nasib Indofarma yang Kesulitan Bayar Gaji Karyawan

Pelantikan Bayu tersebut menyusul hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang dilakukan oleh Semen Indonesia Group (SIG) pada Jumat. RUPS LB itu resmi memutuskan Buwas yang sebelumnya menjabat Direktur Utama Perum Bulog diangkat sebagai Komisaris Utama SIG.

Buwas mengatakan selaku abdi negara dirinya menerima segala kebijakan dari pemerintah dan dia bersyukur telah memimpin Bulog selama 5 tahun lebih.

"Dan saya percaya pengganti Bulog lebih baik dan meneruskan transformasi yang sudah berjalan," kata Budi.

Dalam surat keputusan tersebut Erick Thohir juga menambah 1 direksi di Perum Bulog yaitu Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan sehingga susunan direksi Perum Bulog menjadi 6 direksi dari sebelumnya 5 direksi.

Usai serah terima jabatan, Bayu selaku Direktur Utama baru Bulog melaksanakan rapat terbatas singkat dengan direksi lama dan baru untuk membahas langkah-langkah selanjutnya untuk menentukan strategi-strategi ke depan untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru serta kebijakan lainnya menghadapi kompleksitas dan ketidakpastian global.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi meninjau Pasar Induk Beras Cipinang

Photo :
  • Antara/Yudi Mahatma

Bersamaan dengan penggantian susunan direksi Perum Bulog, Menteri BUMN Erick Tohir juga mengangkat Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Bulog menggantikan Bayu Krisnamurthi.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Budi Waseso, menjadi Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Hal itu dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, penunjukkan Buwas sebagai Komisaris Utama SIG itu, akan membuatnya secara otomatis mundur dari jabatan sebagai Direktur Utama Perum Bulog.

"Mengenai Pak Budi Waseso, ketika beliau diangkat menjadi Komisaris Utama di Semen Indonesia Group, maka sudah pasti secara otomatis tidak bisa merangkap sebagai Dirut Bulog," kata Arya kepada media, Jumat, 1 Desember 2023.

Dia menambahkan, secara otomatis, pengunduran diri Buwas sebagai Dirut Bulog akan dilakukan, usai terbitnya Surat Keputusan (SK) dari SIG perihal penunjukannya sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen tersebut.

Gedung Kementerian BUMN.

Photo :
  • Wikagedung.co.id

"Ketika SK SIG sudah keluar, maka otomatis beliau juga nantinya tidak lagi menjadi Dirut di Bulog," ujarnya.

Diketahui, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, sepakat mengangkat Budi Waseso menjadi Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, RUPSLB juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Rudiantara sebagai Komisaris Utama, dan Arief Prasetyo Adi sebagai Komisaris.

"Rapat mengangkat Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen, dan Ratna Irsana sebagai Komisaris Independen,” kata Vita dalam keterangannya, Jumat, 1 Desember 2023.

Dirut Perum Bulog Budi Waseso dipanggil ke Istana

Photo :
  • Antara

Dengan adanya perubahan di jajaran Komisaris tersebut, maka susunan Komisaris dan Direksi SIG terbaru hasil RUPSLB 2023 adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

- Komisaris Utama dan Komisaris Independen : Budi Waseso

- Komisaris : Sony Subrata

- Komisaris : Yustinus Prastowo

- Komisaris : Lydia Silvanna Djaman

- Komisaris Independen : Nasaruddin Umar

- Komisaris Independen : Saor Siagian

- Komisaris Independen : Ratna Irsana   

Dewan Direksi:

- Direktur Utama : Donny Arsal

- Direktur Supply Chain : Yosviandri

- Direktur SDM dan Umum : Agung Wiharto

- Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio : Andriano Hosny Panangian

- Direktur Bisnis dan Pemasaran : Subhan

- Direktur Operasi : Reni Wulandari (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya