Pembangunan Infrastruktur Masif, Intip Peluang Bisnis Sektor Logistik Kargo

Ilustrasi industri logistik
Sumber :
  • eolaspecialtyfoods.com

Jakarta – Potensi bisnis kargo di Indonesia disebut-sebut masih sangat besar, dan terbilang cukup menjanjikan ke depannya. Hal itu antara lain karena didukung oleh sejumlah faktor. Misalnya seperti pembangunan infrastruktur yang sangat masif digenjot oleh pemerintah, sehingga turut membuka konektivitas antarwilayah di seluruh penjuru Indonesia.

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

Network Management Manager J&T Cargo, M Said Abdullah, membenarkan hal tersebut. Dia mencontohkan, apabila pembangunan infrastruktur jalan dan ruas tol di Sumatra sudah rampung seluruhnya hingga ke kota Medan, maka bisnis kargo di sana juga bakal berkembang jauh lebih pesat.

"Karena Sumatra sangat dikenal dengan hasil buminya seperti cengkeh, kopi, kayu manis, dan lain-lain," kata Said dalam keterangannya, Senin, 4 Desember 2023.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Dia menegaskan, dukungan infrastruktur seperti jalan tol sangat berdampak signifikan, bagi pengembangan bisnis kargo yang umumnya mengandalkan transportasi darat. 

Karenanya, Said menjelaskan bahwa J&T Cargo pun mengembangkan konsep kemitraan, dengan menyediakan sistem serta teknologinya. "Sehingga komposisinya saat ini 97 persen adalah mitra, dan 3 persen yang kami kelola sendiri," ujarnya.

AS Setop Kirim Senjata ke Israel, Perdana Sejak Agresi ke Gaza

Said menambahkan, apabila dibandingkan dengan jasa pengiriman reguler, bisnis kargo saat ini secara volume atau tonase pengiriman sudah mencapai 4 kali lebih besar. Apalagi, sampai saat ini masih banyak peluang dari jenis-jenis produk, yang masih bisa dikembangkan lebih besar oleh bisnis kargo seperti misalnya frozen food dan lain sebagainya.

Paket yang akan dikirimkan J&T

Paket yang akan dikirimkan J&T

Photo :
  • J&T

"Bahkan pertumbuhan tonase J&T Cargo secara year-on-year (yoy) mencapai sekitar 30 persen," ujarnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu J&T Cargo bahkan telah terpilih sebagai Official Logistic Partnerz untuk event Indonesia Building Technology (IBT) 2023. IBT 2023 merupakan salah satu perhelatan pameran terbesar di Indonesia, yang berfokus pada industri konstruksi dan bangunan.

J&T Express.

J&T Express.

Photo :
  • J&T Express

Keterlibatan J&T Cargo sebagai Official Logistic Partner dalam IBT 2023, menandai komitmen perusahaan untuk mendukung pertumbuhan industri konstruksi di Indonesia. Sebagai mitra logistik resmi, J&T Cargo akan memberikan solusi dan jasa terbaik, untuk manajemen dan pengiriman produk material dan bahan bangunan lainnya.

"Kami akan menyediakan solusi logistik terbaik, sehingga para peserta dapat fokus pada pertukaran pengetahuan dan peluang bisnis," ujar CEO J&T Cargo, Jonathan Zhong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya