Ridwan Kamil Bantah Klaim Mahfud: Ada 30 Proyek di IKN, Total Investasi Rp 40 Triliun

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala daerah, dan mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat
Sumber :
  • ANTARA/Indra Arief

Jakarta – Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil memberikan tanggapan terkait keberadaan investor di Ibu Kota Negara (IKN).

Pembebasan Lahan di IKN Sesuai Target, Luhut Pede Upacara 17 Agustus Bisa Digelar di Istana Baru

Dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, mantan Gubernur Jawa Barat ini menampilkan video yang berisi berita groundbreaking proyek swasta di IKN.

Misalnya, groundbreaking RS Mayapada, Hotel Nusantara, dan JIS.

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

Tangkapan layar - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di kawasan titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022.

Photo :
  • ANTARA/Indra Arief

RK menyebut ada lebih 30 proyek swasta di IKN dengan total investasi lebih dari Rp 40 triliun, dengan 3 rumah sakit swasta, hotel bintang 5 dan 3, hingga gedung perkantoran.

Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Klasifikasi. IKN sedang membangun lebih dari 30 proyek swasta dengan total nilai investasi swasta sebesar lebih Rp 40 triliun. Ada 3 RS swasta yang sudah groundbreaking, hotel bintang 5 dan 3, apartment, perkantoran, superblock, Mal Pakuwon dll," tulis RK, pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Tanggapan Ridwan Kamil sekaligus membantah anggapan tidak ada satu pun investor di IKN.

"Jadi tidak benar jika tidak ada investor satu pun yang membangun di IKN sekarang. Semoga kita selalu bijak jika menyangkut dengan data," ucap dia.

Jokowi groundbreaking proyek di IKN.

Photo :
  • Biro pers Istana.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mempertanyakan keberadaan investor di IKN. Mahfud menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada satu investor yang menanamkan modalnya di ibu kota baru.

"Sejauh yang kita baca, sampai sekarang belum ada 1 pun investor yang masuk ke sana. Kalau ada sebutkan misalnya dua atau satu investor mana yang sudah masuk ke sana," katanya dalam Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya