Proyek Tol Cimanggis-Cibitung Sudah 82,67 persen, PUPR Pastikan Rampung di Kuartal II-2024

Gerbang Tol Jatikarya 2, ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung.
Sumber :
  • Dok. Bakrie and Brothers

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, bakal rampung pada kuartal-II 2024.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Melalui unggahan di akun Instagram resmi @kemenpupr, jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang progres konstruksinya kini telah mencapai 82,67 persen itu, nantinya akan terhubung dengan sejumlah ruas tol di kawasan Jabodetabek.

Di mana, ruas tol di Jabodetabek tersebut juga terkoneksi dengan kawasan industri, antara lain seperti di Cikarang dan Pelabuhan Tanjung Priok.

IPA Convex 2024 Maksimalkan Potensi Indonesia Jadi CCS Hub di Asia

Tol Cimanggis-Cibitung.

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Sehingga, diharapkan jalan tol ini dapat meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik, terutama menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

"Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung (19,65 km)," sebagaimana dikutip dari akun Instagram @kemenpupr, Senin, 29 Januari 2024.

"Dengan progres konstruksi 82,67 persen, jalan tol ini ditargetkan selesai pada kuartal II-2024," ujarnya menambahkan.

Kemudian, jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini juga akan menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, dan menghubungkan 5 ruas tol yang tergabung dalam Jalan Tol JORR 2.

Proses Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung

Photo :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Dari total 26,18 km Tol Cimanggis-Cibitung, yang sudah beroperasi saat ini adalah seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 Km, dan seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,78 km.

"Kehadiran Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan menambah kapasitas jalan di Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya