Gibran Janjikan UMKM Indonesia Lebih Baik dari China

Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka Bagi-bagi Susu dan Makanan di Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Tangerang Selatan – Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming menjanjikan kebijakan pemerintahannya jika terpilih, bakal membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produk Tiongkok atau China. Baik dari segi kualitas maupun harga yang terjangkau. 

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen

"Kita enggak ingin juga di platform-platform e-Commerce tuh ada barang barang dari Tiongkok yang mungkin harganya seperempat atau setengah dari produk-produk kita," kata Gibran saat diskusi bersama pengusaha dan komunitas anak muda bertajuk "Bincang Ekonomi Kota Kreatif" di Tangerang Selatan, Sabtu, 3 Februari 2024.

Gibran menjelaskan, salah satu upaya memajukan UMKM adalah dengan menerapkan konsep digitalisasi kepada seluruh pedagang. Hal ini, kata dia, bisa dengan cara memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk beralih ke konsep digital.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran dan istrinya, Selvi Ananda di Pasar Modern BSD

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Menurut Gibran, pemerintah memiliki peran untuk memberikan wadah pelatihan tersebut. Tak hanya itu, putra sulung Presiden Jokowi ini menekankan pentingnya memberikan pelatihan untuk pembukuan keuangan hingga perbantuan pencarian modal.

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Khusus untuk kalangan pengusaha anak muda, Gibran memastikan pemerintah akan memberikan kemudahan dalam membangun bisnis rintisan atau startup business.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat sarapan soto di Pasar Modern BSD

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

"Mereka, anak muda, pengen Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dihidupkan, permodalan perizinan dimudahkan. Jadi, banyak masukan dari anak muda dan saya yakin di sini banyak ide usaha liar yang lain," ujarnya.

Dengan begitu, Gibran meyakini produk yang dihasilkan para pelaku UMKM Indonesia bisa bersaing dengan produk asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya